Sistem Ekskresi, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Ekskresi

ginjal

Gangguan Pada Ginjal

1. Batu ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bisa larut dan mengandung kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Penyakit ini dapat diatasi dengan pembedahan dan sinar laser.



2. Nefritis

Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus yang disebabkan adanya bakteri Streptococcus sp. Rusaknya nefron mengakibatkan urine masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan di daerah kaki. Penyembuhan bisa dilakukan dengan cangkokan ginjal atau cuci darah secara rutin.

3. Albuminuria

Ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein dalam urine dikarenakan rusaknya glomerolus sebagai alat filtrasi pada ginjal

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal terjadi jika salah satu ginjal tidak berfungsi. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih tugasnya oleh ginjal lain. Namun, keadaan ini akan tetap menimbulkan resiko sangat tinggi. Karena menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan kematian.

GANGGUAN PADA HATI

1. Hepatitis

Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh virus. Virus hepatitis ada beberapa macam, misalnya virus hepatitis A dan hepatitis B. Hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B lebih berbahaya daripada hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A.

2. Penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus dua belas jari, sehingga masuk ke dalam darah dan warna darah menjadi kuning. Kulit penderita tampak pucat kekuningan, bagian putih bola mata berwarna kekuningan, dan kuku jaripun berwarna kuning.

3. Kanker hati

Kanker hati terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kroni

GANGGUAN PADA PARU-PARU

1. Asma

Asma merupakan penyempitan saluran pernapasan utama pada paru-paru. Gejala penyakit ini ditandai dengan susah untuk bernapas atau sesak napas.

2. Tubrculosis (TBC)

Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk.

3. Emfisema

Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru.

Gangguan pada kulit:

1. Jerawat merupakan gangguan pada kelenjar minyak yang umumnya dialami oleh anak remaja.
2. Scabies atau kudis merupakan penyakit kulit karena tungau(Sarcoptes scabies).
3. Eksim atau alergi merupakan penyakit kulit karena infeksi atau iritasi bahan luar yang termakan atau menyentuh kulit.
4. Gangren adalah kelainan pada kulit yang disebabkan oleh matinya sel-sel jaringan tubuh. Ini disebabkan oleh suplai darah yang buruk di bagian tertentu salah satunya akibat penekanan pada pembuluh darah tertentu(seperti balutan yang terlalu ketat).


Belum Lengkap Jika Belum Membaca
Untuk mendapatkan file PDF materi sistem ekskresi secara lengkap silahkan like facebook biologiedukasi.com dan share link di facebook anda terlebih dahulu, kemudian kirim email ke yogajiwanjaya@gmail.com untuk mendapatkan link download materi sistem ekskresi dari google drive

selamat belajar


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2015/01/sistem-ekskresi-kelainan-dan-penyakit.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2015/01/sistem-ekskresi-kelainan-dan-penyakit.html
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon