Home Top Ad

Perbedaan Simbiosis Mutualisme dan Protokooperasi

Share:
biologiedukasi.com kali ini akan membahas mengenai simbiosis mutualisme dan protokooperasi. Perlu kita ketahui perbedaan antara simbiosis mutualisme dan protokooperasi sering mengalami kerancuan pada buku-buku pelajaran baik mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas, bahkan di ingkat perguruan tinggi sekalipun.

Berawal dari beberapa pertanyaan yang di diskusikan di sebuah grup WA yang membahas mengenai simbiosis mutualisme dan protokooperasi pada perbedaan mendasarnya bagaimana dan terdapat beberapa perbedaan antar anggota grup diskusi mengenai penerapan simbiosis mutualime dan protokooperasi, sehingga menimbulkan keracuan.
anemon laut dan ikan badut protokooperasi
anemon laut dan ikan badut protokooperasi
Sebagai conth di dalam diskusi adalah mengenai ikan badut dan anemon laut apakah masuk ke dalam simbiosis komensalisme ataukah simbiosis mutualisme. Beberapa teman memasukkan ke dalam simbiosis komensalisme, ada yang memasukkan ke mutualisme, dan ada yang memasukkan ke dalam protokooperasi, jadi manakah yang benar?


Pengertian Simbiosis

Sebelum membahas lebih dalam, perlu ada penjelasan komprehensif apa yang dimaksud dengan simbiosis.  Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.

Hampir semua buku-buku pelajaran baik di SD, SMP, SMA selalu berhenti pada pengertian diatas "interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan." pengertian ini masih kurang. seharusnya yang benar simbisosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan dan merupakan keharusan, jika salahsatunya tidak ada maka organisme tersebut akan mati.

Maka dari itu buku-buku yang beredar dilingkungan sekolah sudah saatnya dilakukan revisi terkait pengertian simbiosis. Setelah paham mengenai pengertian simbiosis, kemudia kita cari tahu pengertian dari protokoperasi

Pengertian Protokooperasi

Protokooperatif adalah hubungan antara organisme jika melakukan interaksi mempengaruhi satu sama lainya,atau sifatnya saling menguntungkan,tetapi jika interksinya di tiadakan maka tidak mempengaruhi apa-apa bagi orgnisme tersebut.

Dari pengertian simbiosis mutualisme dan protokooperasi, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan anatara anemon laut dan ikan badut adalah protokooperasi, anemon laut mendapatkan keuntungan dari ikan badut yang membersihkan tubuh dari anemon laut dari berbagai parasit yang menempel pada tubuhnya, sedangkan ikan badut mendapatkan perlindungan dari anemon laut dari pemangsa ikan badut, namun kedua makhluk hidup tersebut tidak akan mati jika keduanya tidak melakukan interaksi, jadi hubungan ini tidaklah wajib

Contoh lain yang sering terjadi miskonsepsi adalah hubungan antara kerbau dan burung jalak yang dimasukkan ke dalam simbiosis mutualisme. hal ini kuranglah tepat karena jika keduanya tidak saling berhubungan maka jalak dan kerbau tidak akan mati meskipun tidak terjadi hubungan interaksi.



1 komentar:

Mohon untuk tidak meninggalkan live link