Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tahapan Replikasi DNA Secara Rinci

replikasi DNA
Proses Replikasi DNA pada leadding strand dan lagging strand
Perhatikan gambar replikasi DNA di atas. Untuk mempermudah pemahaman mengenai proses replikasi DNA, biologiedukasi akan menjabarkan per nomor yang sudah di tandai di atas.

Tahap pertama(nomor 1) DNA memulai replikasi DNA pada tempat khusus/tertentu yang disebut dengan titik mula replikasi(origins of replication) pada sel prokariotik biasanya origins of replication hanya satu titik pada setiap DNA yang di replikasi, tetapi pada kebanyakan sel eukariotik, origin of replication memiliki beberapa titik yang bisa mencapai beberapa ratus titik dengan tujuan untuk mempercepat proses replikasi. Mula-mula enzim helikase membuka untai DNA menjadi dua bagian yang dimulai dari origin of replication, pembukaan ini berlangsung terus menerus sampai proses replikasi selesai dari arah 5’ menuju ke 3’.

Tahap ke dua(nomor 2) Sebuah protein pengikat yang dinamakan dengan single-strand binding protein mengikat bagian DNA yang terpisah untuk menstabilkan untai DNA yang sudah terpisah tersebut

Setelah terjadi pembukaan oleh enzim helikase, dan protein pengikat melaksanakan tugasnya, maka DNA akan terbagi menjadi dua yaitu bagian yang dinamakan dengan leading stand dan lagging strand. Kedua bagian ini memiliki cara yang berbeda dalam proses replikasi DNA yang terjadi.

Laeding strand( huruf A)  pada nomor tiga(3) memulai proses replikasi dari arah 3’ menuju 5’ yang dibantu oleh enzim DNA polymerase III untuk melakukan proses replikasi DNA, sehingga terbentuk untai DNA baru dengan arah 5’ menuju 3’.Proses yang terjadi di bagian leading strand terjadi dengan sangat mulus tanpa ada hambatan sama sekali.

Lagging strand(huruf B) memulai replikasi berlawanan dengan proses replikasi yang terjadi pada bagian leading strand yaitu dari arah  3’ menuju 5’. Proses ini di awali dengan tahapan nomor empat(4) yaitu di mulai dari enzim primase yang membentuk bagian baru yang dinamakan primer RNA. Proses ini berlangsung terus menerus namun pada pembentukan primer ini putus-putus dibagian tertentu.

Tahap ke lima(nomor 5) DNA polymerase III memulai tugasnya untuk membentuk bagian-bagian yang terputus putus diantara primer DNA yang terbentuk oleh enzim primase




Pada tahap ke enam(nomor 6) giliran enzim DNA polymerase I yang melakukan tugasnya untuk menggantikan primer RNA yang terbentuk tadi dengan primer DNA yang dibuat oleh enzim DNA Polimerase I

Tahap terakhir (nomor 7) enzim DNA ligase melakukan tugasnya untuk menyambung rimer-primer DAN yang belum tersambung secara penuh sehingga terbentuk untai DNA baru yang yang tidak putus-putus.

Setelah proses ini berakhir maka akan terbentuk dua DNA baru yang masing-masing DNA  terdiri dari untai DNA lama dan untai DNA baru yang baru saja terbentuk.
replikasi DNA
proses replikasi DNA
Jika masih bingung mengenai proses replikasi DNA, bisa melihat video pembelajaran mengenai proses replikasi DNA di link berikut ini http://www.biologiedukasi.com/2015/08/video-proses-replikasi-dna.html

Baca Juga
biologiedukasi.com akan sangat berterimakasih jika materi ini di share lewat Facebook, twitter dll. semoga bermanfaat


Baca juga materi terkait

Posting Komentar untuk "7 Tahapan Replikasi DNA Secara Rinci"