Substansi Hereditas, Sub Bab Kromosom

SUBSTANSI HEREDITAS

Setiap makhluk hidup di berikan sesautu yang berbeda beda oleh sang Pencipta kita. Mulai dari rambut yang berwrna hitam dan pirang, hidung yang mancung dan pesek, kulit yang sawo matang, putih, hitam, dan sawo matang, laki-laki dan perempuan, cantik dan jelek, ganteng dan jelek, dsb merupakan karunia Allah SWT yang tak ternilai harganya, manusia tidak ada yang sama di dunia ini meskipun ia mirip.

Perbedaan-perbedaan itulah yang akan kita bahas pada materi kali ini. Semua perbedaan yang ada di manusia di pengaruhi oleh gen yang di turunkan oleh kedua orang tua kita. Gen inilah yang mengendalikan sifat-sifat kita. Pada bab ini kita akan membahas mengenai substansi hereditas.

Dimanakah letak gen itu? Gen berada di dalam yang namanya kromosom, kromosom terletak di dalam yang namanya nukleus, nukleus terletak di dalam sel, sel terletak di dalam jaringan, jaringan terletak di dalam organ, organ terletak di dalam sistem organ, dan sistem organ ini lah yang membentuk kita.

Substansi hereditas yang akan kita bahas yaitu mengenai kromosom, gen, dan asam nukleat.

Kromosom

Kromosom merupakan struktur mikroskopis di dalam sel yang membawa molekul DNA. Di kromosom terdapat protein yang dinamakan dengan protein histon. Protein histon digunakan untuk menggulung DNA supaya memiliki ukaran yang lebih kecil dan tersusun lebih rapi. Kumparan kumparan ini kemudian bergabung membentuk struktur yang dinamakan dengan nukleosom.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat struktur dari kromosom

kromosom dan protein histon
Kromosom yang dililit protein histon
Kromosom pada dasarnya memiliki dua bagian utama yaitu sentromer dan telomer. Sentromer terletak di bagian tengah yang merupakan penghubung 2 kromatid/ank kromosom, sedangkan telomer terdapat di bagian ujung kromosom yang mengendalikan aktifitas gen didekatnya yang juga mempengaruhi lama hidup kromosom tersebut.



 
struktur kromosom
Struktur Kromosom
Kromosom sendiri dibedakan menjadi empat berdasarkan letak sentromernya
  1. Kromosom metasentrik: sentromer terletak ditengah-tengah kromosom
  2. Kromosom submetasentrik: sentromer terletak hampir di tengah tengah kromosom 
  3. Kromosom akrosentrik: sentromer terletak hampir diujung kromosom 
  4. Kromosom telosentrik: sentromer terletak di ujung kromosom
macam-mcam bentuk kromosom
kromosom berdasarkan letak sentromer (1)
metasentrik telosentrik, akrosentrik
kromosom berdasarkan letak sentromer(2)
Pada gambar di atas di buku-buku pelajaran sering di temukan dua gambar tersebut di beda buku mapel biologi kelas XII. Jangan bingung kedua gambar tersebut sama-sama benar. Pada gambar satu ditunjukkan bagian kromosom yang utuh sehingga bisa dilihat 4 kromatid(anak kromosom)nya. Sedangkan di gambar dua, kromatid yang ditunjukkan hanya dua sehingga terlihat seperti pada gambar.

Di dalam soal bisanya jarang yang menujukkan satu gambar saja misalnya metasentrik saja, bisanya akan ada pembanding dengan gambar lain sehingga akan memudahkan untuk mejawab soal apakah gambar tersebut diambil dari gambar 1 ataukah gambar 2.

Kromosom manusia di ciptakan berpasang-pasangan dimana pasangan kromosom tersebut dinamakan kromosom homolog(kembar) setiap pasangan kromosom yang terdiri dari dua kromosom dikatakan bersifat diploid(2n) sedangkan apabila tidak berpasangan dikatakan haploid(n).
Setiap makhluk hidup tersusun dari sel tubuh dan sel kelamin. Sel tubuh/sel somatik disusun oleh kromosom tubuh/autosom. Sedangkan sel kelamin/sel gamet disusun oleh kromosom kelamin/gonosom. Pada manusia sel tubuh tersusun dari 46 kromosom di tiap sel nya. Jumlah ini merupakan ketetapan untuk menghasilkan manusia normal, kekurangan ataupun kelebihan jumlah kromosom tubuh ini maka bisa mengakibatkan kecacatan sindrom.
Berikut perhitungan jumlah kromosom manusia
Manusia
46 kromosom
Kromosom dijabarkan
44 A(autosom) + XX/XY(gonosom)
Kromosom di detailkan lagi
22AA + XX/XY
Didalam tabel tersebut jumlah kromosom manusia adalah 46 kromosom yang merupakan gabungan antara autosom dan gonosom. Apabila di jabarkan lagi maka 46 kromosom tersebut menjadi 44 autosom ditambah XX atau XY. XX untuk kromosom kelamin perempuan, XY untuk kromosom laki-laki.

Apabila dijabarkan lebih detail maka sebenarnya autosom tersebut saling berpasangan membentuk kromosom homolog sehingga menjadi 22 AA(autosom autosom) ditambah XX/XY.

Baca juga materi terkait

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/substansi-hereditas-sub-bab-kromosom.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/substansi-hereditas-sub-bab-kromosom.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon