3 Teori Biogenesis (Francesco Redi, Spallanzani, dan Louis Pasteur)

Teori Biogenesis

Eksperimen terkenal yang menentang teori abiogenesis dilakukan antara lain :

A. Percobaan Francesco Redi (1626 – 1698)

Redi ialah seorang fisikawan italia, adalah orang pertama yang melakukan penelitian untuk membantah teori generatio spontaniea. Dia melakukan serangkaian penelitian menggunakan daging segar. Redi memperhatikan bahwa ulat akan menjadi lalat dan lalat selalu terdapat tidak jauh dari sisa sisa daging. Pada penelitiannya redi menggunakan keratan daging segar yang diletakkan dalam 3 wadah atau tabung.

Wadah 1 diidi sekerat daging segar dan dibiarkan terbuka. Wadah 2 diisi sekerat daging segar lalu ditutup dengan kain kasa yang berlubang lubang. Ketika daging membusuk datanglah lalat disekitar wadah. Beberapa hari kemudian, pada wadah 1 terlihat cukup banyak belatung, beberapa ekor belatung juga terlihat ada diatas permukaan akin kasa pada wadah 2.

Dari percobaan tersebut redi membuktikan bahwa belatung tidak terbentuk dari daging yang membusuk, melainkan berasal dari telur telur lalat yang ditinggalkan ketika lalat mengerumunidaging membususk dan permukaaan kain kasa.

Percobaan redi membuktikan makhluk hidup tidak begitu saja terbentuk dari benda benda mati, tetapi semua makhluk hidup terbentuk oleh makhluk hidup juga.

B. Percobaan Spallanzani

Pada tahun 1765, seorang biologiwan italia yang bernama lazzaro spallanzani, melakukan percobaan yang berlawanan dengan teori nedham. Spallanzani menyatakan bahwa nedhaam tidak merebus tabung cukup lama sampai semua organisme terbunuh dan nedhaam juga tidak menutup leher tabung dengan rapat sekali sehingga masih ada organisme yang masuk dan tumbuh.

Dari percobaan yang dilakukannya Spallanzani menyimpulkan bahwa, timbulnya suatu kehidupan hanya mungkin jika telah ada suatu bentuk kehidupan sebelumnya. Mikroorganisme yang terdapat dalam kaldu percobaan timbuk karena adanya mikroorganisme yang telah lebih dulu tersebar di udara.

C. Percobaan Louis Pasteur

Seorang biologiwan bernama louis pasteur pada tahun 1864 melakukan percobaan menggunakan tabung berleher angsa. Pasteur sendiri meyakini bahwa sebuah sel pasti berasal dari sel lainnya. Dalam percobaan menggunakan tabung berleher angsa Pasteur merebus kaldu hingga mendidih, kemudian mendiamkannya.

Pada prinsipnya, udara mampu masuk kedalam tabung, namun partikel debu akan menempel pada lengkungan leher tabung. Setelah beberapa lama, ternyata tidak ada bakteri yang tumbuh. Namun, setelah Pasteur memiringkan tabung leher angasa tersebut, air kaldu dalam tabung kemudian ditumbuhi oleh mikroba. Hal ini membuktikan bahewa kehidupan juga berasal dari kehidupan sebelumnya.

Setelah ditumbangkannya teori abiogenesis atau generatio spontanea oleh louis Pasteur, maka berkembanglah teori biogenesis dengan pernyataan yang terkenal:

  1. omne vivum ex ovo, kehidupan bersala dari telur
  2. omno ovum ex vivo yang artinya  dan telur berasal dari kehidupan. 
  3. omno vivum ex vivo yang artinya kehidupan berasa dari kehidupan sebelumnya.

Materi terkait teori evolusi


  1. Beberapa Pendapat Asal Usul Makhluk Hidup
  2. Sejarah Perjalanan Carles Darwin
  3. Beberapa Pencetus Teori Evolusi (Lamarck, Charles darwin dan August weismann)
  4. Perbandingan Teori Evolusi Darwin dengan Teori Evolusi Lainnya
  5. Bukti-Bukti Pendukung Terjadinya Evolusi pada Makhluk Hidup
  6. 3 Cara Mekanisme Terjadinya Evolusi
  7. Spesiasi Alopatrik dan Spesiasi Simpatrik
  8. 7 Faktor Yang Mempengaruhi Evolusi Makhluk Hidup
  9. 3 Teori Biogenesis (Francesco Redi, Spallanzani, dan Louis Pasteur)


Referensi

P. Fictor Ferdinand, & Moekti Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 3: untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Pratiwi, D.A., Sri Maryati, Srikini, Suharno, & Bambang S. 2012. Biologi SMA kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pujiyanto, Sri & Rejeki Siti Fatimah. 2016. Menjelajah Dunia Biologi keas XII SMA. Solo: Tiga Serangkai.

Rachmawati, Faidah., Nurul Urifah, & Ari Wijayati. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XII Program IPA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi : untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Belum ada Komentar untuk "3 Teori Biogenesis (Francesco Redi, Spallanzani, dan Louis Pasteur)"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel