Home Top Ad

Klasifikasi dan Deskripsi Orang Utan

Share:

Klasifikasi Orang Utan (Pongo pygmaeus)


Kingdom    : Animalia
Phylum      : Chordata
Class          : Mamalia
Ordo          : Primata
Family       : Hominidae
Upafamily : Ponginae
Genus        : Pongo
Species      : Pongo pygmaeus

Orangutan, nama lainnya adalah mawas merupakan sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat, yang hidup di Hutan Tropika Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Deskripsi Orang Utan (Pongo pygmaeus)

Istilah "orang utan" diambil dari kata dalam bahasa melayu, yaitu 'orang' yang berarti manusia dan 'utan' yang berarti hutan. Orangutan termasuk makhluk pemalu. Mereka jarang memperlihatkan dirinya kepada orang atau makhluk lain yang tak dikenalnya. Yang unik adalah orang utan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia, dimana orang utan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96,4%.
Klasifikasi dan Deskripsi Orang Utan (Pongo pygmaeus)
Klasifikasi dan Deskripsi Orang Utan (Pongo pygmaeus)
Orangutan lebih memilih untuk hidup di hutan dataran rendah di mana makanan favorit mereka, buah, melimpah. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohon dan mereka adalah hewan arboreal atau penghuni pohon terbesar di bumi. Orangutan secara unik beradaptasi dengan jenis kehidupan ini. Lengannya yang panjang, tangan dan kakinya yang memanjang, serta kekuatannya yang luar biasa membantu mereka memanjat dengan mudah di antara cabang-cabang yang tinggi.


Warna rambut orangutan bervariasi dari coklat karat hingga oranye terang. Pejantan dewasa liar memiliki berat sekitar 190 pon (86 kilogram), sedangkan betina dewasa liar biasanya setengah dari ukuran itu, dengan berat sekitar 88 pon (40 kilogram).

Ada dua bentuk pejantan dewasa, biasanya diistilahkan berflensa dan tidak berflensa. Pejantan berflensa memiliki bantalan pipi (flensa), kantung tenggorokan, rambut panjang, dan jenggot panjang. Mereka juga mengeluarkan suara panggilan yang terdengar melalui hutan. Panggilan ini menarik betina dan memperingatkan pejantan laki saingan. Pejantan tak berflensa tidak memiliki sifat-sifat fisik seperti itu dan tidak membuat suara panggilan.

Spesies dan Subspesies Orang Utan


  • Ada 2 jenis spesies orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan / Borneo (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Sumatra (Pongo abelii).
  • Keturunan Orangutan Sumatra dan Kalimantan berbeda sejak 1.1 sampai 2.3 juta tahun yang lalu.
  • Subspesies
    • Pembelajaran genetik telah mengidentifikasi 3 subspesies Orangutan Borneo : P.p.pygmaeus, P.p.wurmbii, P.p.morio. Masing-masing subspesies berdiferensiasi sesuai dengan daerah sebaran geografisnya dan meliputi ukuran tubuh.
    • Orangutan Kalimantan Tengah (P.p.wurmbii) mendiami daerah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Mereka merupakan subspesies Borneo yang terbesar.
    • Orangutan Kalimantan daerah Timur Laut (P.p.morio) mendiami daerah Sabah dan daerah Kalimantan Timur. Mereka merupakan subspesies yang terkecil.


2 komentar:

Mohon untuk tidak meninggalkan live link