Beberapa Jenis Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga

Gangguan telinga luar

1. Otalgia

Rasa nyeri pada telinga.
Penyebabnya : akibat adanya iritasi local karena banyak kondisi dan dapat juga disebabkan oleh nyeri pindahan dari laring dan faring. Nyeri disebabkab oleh nyeri yang terjadi didekat sendi temporomandibularis.

2. Inpaksi serumen

Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga
Gangguan dan Penyakit Pada Organ Telinga
secara normal serumen dapat tertimbun dalam kanalis eksternus dan dalam jumlh dan warna yang bervariasi. Meskipun biasanya tidak perlu dikeluarkan, kadang-kadang daapat mengalami impaksi, menyebabkan otalgia rasa penuh dalam telinga, atau kehilangan pendengaran. Usaha membersihkan kanalis auditorius dengan batang korek api, jepit rambut atau alat lainnya bisa berbahaya karena trauma terhadap kulit dapat mengakibatkan infeksi atau kerusakan gendang telinga.

3. Benda asing

kadang-kadang benda bisa masuk tanpa disengaja kedalam telinga yang mencoba membersihkan kanalis esternus atau mengurangi gatal. Efeknya dapat berkisar dari tanpa tanpa gejala sampai gejala nyeri berat dan penurunan pendengaran. Serangga yang memasuki telinga biasanya dapat dikeluarkan dengan meneteskan tetes telingan yang akan melunakkan serangga dan memungkinkannya terbilas.

4. Otitis eksterna

Infeksi utmanya bakteri, jamur, merupakan masalah yang paling sering pada telinga. Kebanyakan penyebab otitis eksterna (infeksi telinga luar) termksud air dalam kanalis audotorius eksternus( telinga perenang)

5. Otitis eksterna maligna

Bentuk yang jarang namun lebih serius infeksi infeksi telinga luar adalah otitis eksterna maligna ( osteomielitis tulang temporal ). Merupakan infeksi progesif, melemahkan bahkan terkadang fatal pada kanalis auditorius eksternus, jaringan sekitarnya, dan dasar tengkorak. Biasanya disebabkan oleh Pseudomonaas Aeruginosa pada klien dengan ketahanan rendah terhadap infeksi, seperti diabetes.penanganan yang berhasil meliputi pengontrolan diabetes, pemberian antibiotika ( biasanya intravena ), dan perawatan luka local agresif.

Penanganan antibiotika parenteral standar meliputi kombinasi bahan anti pseudomonas dan aminoglikosida, keduanya mempunyai potensial efek samping serius. Karena aminoglikosida serum klien dan fungsi ginjal dan auditori klien harus dipantau selama terapi. Perawatan local meliputi debridement terbatas jaringan yang terinfeksi, termasuk tulang dan kartilago, tergantung peluasan infeksi.

6. Massa ditelinga luar

Tampak penonjolan tulang kecil, keras dibagian tulang posterior bawah kanalis telinga yang dinamakan eksostosis. Biasanya terjadi bilateral. Kulit yang menutupinya normal. Banyak orang menganggap eksostosis disebabkan karena pemajanan terhadap air dingin, seperti pada penyelam atau atlet selancar.

Tumor maligna juga dapat ditemukan ditelinga luar. Tumor yang paling banyak adalah karsinoma sel basal pada pina dan karsinoma sel skuamosa dalam kanalistelinga. Bila tidak ditangani, karsinoma sel skuamosa akan menyebar melalui tulang temporal, menyebabkan paralisis nervus fasialis dan kehilangan pendengaran. Karsinoma harus ditangani secara bedah.

Baca Juga

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/11/beberapa-jenis-gangguan-dan-penyakit.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/11/beberapa-jenis-gangguan-dan-penyakit.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon