Jenis-Jenis Rangka Apendikular Bagian Ekstremitas Bawah

Ekstremitas bawah

Ekstremitas bawah terdiri dari tulang koksa,pelvis, femur, tibia, fibula, tarsal, metatarsal, dan tulang-tulang phalangs.

1. Pelvis

Pelvis terdiri atas sepasang tulang panggul (hip bone) yang merupakan tulang pipih,penghubung antara badan dan anggota bawah,yaitu tulang sakrum dan koksigis yang bersendi satu dengan lainnya pada semfisis pubis. Bagian pelvis antara lain pelvis mayor dan pelvis minor,di batasi olehlinea terminalis.

2. Tulang koksa

Merupakan tulang pangkal paha yang berperan membentuk gelang panggul. Letaknya di setiap sisi depan bersatu dengan simfisis pubis dan membentuk sebagian besar tulang pelvis.

Terdiri dari :
A. Tulang usus(ilium),berjumlah 2 buah kiri dan kanan,berbentuk lebar dan gepeng serta melengkukng menghadap ke perut. Bagian melekuk disebut tibia iliaka,bagian tepi disebut krista iliaka dan bagian menonjol di sebut spina iliaka. Pada tulang ilium ini terdapat sebuah lobang mangkok sendi paha (asetabulum).

B. Tulang duduk (iski),berbentuk setengah lingkaran menghadap ke atas mempunyai tonjolan yang mampu bertumpu (tuber iskiadium).

C. Rongga panggul,merupakan rongga yang terbentuk oleh sambungan antar tulang panggul. Pada rongga ini terdapat alat kandungan dan organ vesikal urinia.

D. Foramen obturatum, merupakan foramen besar berbentuk lonjong di bawah asetabulumn dan dibatasi oleh tulang pubis dan tulang iski. Lubangnya berisi membran dan pada bagian atas adanya pembuluh darah dan saraf obturatum.

3. Femur

Merupakan tulang pipa terbesar dan terpanjang berhubungan dengan asetabulum membentuk kepala sendi yang disebut kaput femoris yang disebelah atas dan bawah terdapat taju (trokanter mayor dan trokanter minor).

Di bagian ujung membentuk persendian lutut terdapat dua buah tonjolan (kondilus medialis dan kondilus lateralis). Di antara 2 lekukan ini terdapat tempat letaknya tulang tempurung lutut (fosa kondilus).

Tulang tibialis dan fibularis merupakan tulang yang membentuk persendian lutut dengan femur. Tulang tibia bentuknya lebih kecil dan pada bagian pangkal melekat tulang fibula. Pada bagian ujung membentuk persendian dengan pangkal kaki dan terdapat taju (maleolus medialis).

4. Tarsal

Tarsal merupakan 7 tulang yang membentuk artikulasi dengan fibula dan tibia di proksimal dan dengan metatarsal di distal. Terdapat 5 tulang tarsal, yaitu calcaneus, talus, cuboid, navicular, dan cuneiform. Calcaneus berperan sebagai tulang penyanggah berdiri.

5. Metatarsal

Metatarsal merupakan 5 tulang yang pendek,berhubungan dengan tarsus dan falangus dengan perantara persendian.

6. Phalangs

Phalangs merupakan tulang jari-jari kaki. Terdapat 2 tulang phalangs di ibu jari dan 3 phalangs di masing-masing jari sisanya. Karena tidak ada sendi pelana di ibu jari kaki, menyebabkan jari tersebut tidak sefleksibel ibu jari tangan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini
rangka apendikular bawah
rangka apendikular bawah

Baca Juga materi terkait lainnya


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/jenis-jenis-rangka-apendikular-bagian_20.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/jenis-jenis-rangka-apendikular-bagian_20.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon