Jenis Jenis Rangka Apendikular Bagian Ekstremitas Atas

Ekstremitas atas

Ekstremitas atas terdiri atas tulang skapula, klavikula, humerus, radius, ulna, karpal, metakarpal, dan tulang-tulang phalangs.

1. Skapula

Skapula merupakan tulang yang terletak di sebelah posterior tulang kostal dan berbentuk pipih seperti segitiga. Skapula memiliki beberapa proyeksi (spina, korakoid) yang melekatkan beberapa otot yang berfungsi menggerakkan lengan atas dan lengan bawah. Sebelah atas memiliki bagian spina skapula.

Sebelah atas spina skapula membentuk lekukan yang terdiri dari fos supraskapula dan fosa ifraskapula. Ujung dari spina skapula membentuk taju (akromion) yang berhubungan dengan persendian klavikula. Sebelah dalam akromion terdapat taju (prosesus korakoid) yang di sebelah bawahnya terdapat lekukan kepala sendi yang disebut kavum glenoid.

2. Klavikula

Berbentuk panjang,sedikit bengkok menyerupai huruf S. Terdiri dari Ekstremitas sternalis,bagian yang berhubungan dengan sternum dan ekstremitas akrominalis,bagian yang berhubungan dengan akromion.

3. Humerus

Humerus merupakan tulang panjang pada lengan atas,bagian berhubungan dengan bahu membentuk bulatan bundar yang disebut kaput humeri. Di sebelah kaput humeri terdapat lekukan (kolumna humeri),bagian bawah terdapat taju dan memiliki lekukan fosa koronoid (bagian depan) dan fosa olekrani (bagian belakang).

4. Ulna

Merupakan tulang bawah yang sejajar dengan jari kelingking arah ke siku yang memilki taju (prosesus olekrani),yang berguna untuk melekat otot dan menjaga agar siku tidak membengkok ke belakang.

5. Radius

Radius merupakan tulang lengan bawah,lateral,sejajar dengan ibu jari. Memiliki dataran sendi berbentuk buntal,memungkinkan lengan bawah dapat berputar atau telungkup.

6. Karpal

Merupakan tulang pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang tersusun dua baris :
  • Bagian proksimal : tulang navikular (berbentuk kepala),tulang lunatum (berbentuk bulan sabit),tulang triquetrum (berbentuk segitiga),tulang fisiformis (berbentuk kacang).
  • Bagian distal : tulang multangulum mavus (tulang besar bersegi banyak),tulang multangulum minus (tulang kecil bersegi banyak),tulang kapitatum (tulang berkepala),tulang harnatum (tulang berkait).

7. Metakarpal

Metakarpal terdiri dari 5 tulang yang terdapat di pergelangan tangan dan bagian proksimalnya berartikulasi dengan bagian distal tulang-tulang karpal. Persendian yang dihasilkan oleh tulang karpal dan metakarpal membuat tangan menjadi sangat fleksibel.

Pada ibu jari, sendi pelana yang terdapat antara tulang karpal dan metakarpal memungkinkan ibu jari tersebut melakukan gerakan seperti menyilang telapak tangan dan memungkinkan menjepit/menggenggam sesuatu. Khusus di tulang metakarpal jari 1 (ibu jari) dan 2 (jari telunjuk) terdapat tulang sesamoid.

8. Tulang-tulang phalangs

Terdiri dari tulang pipa pendek sebanyak 14 buah dibentuk dalam bagian 5 tulang yang berhubungan dengan metacarpalia perantara persendian.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini
rangka apendikular ekstremitas superior
rangka apendikular ekstremitas superior

Baca Juga materi terkait lainnya

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/jenis-jenis-rangka-apendikular-bagian.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/jenis-jenis-rangka-apendikular-bagian.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon