Peranan Virus yang Merugikan Bagi Kehidupan

Virus memiliki banyak kerugian bagi kehidupan baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhanm namun bukan berarti virus tidak bisa digunakan untuk kepentingan manusia dalam hal positif seperti digunakan untuk proses terapi gen, pada materi berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis virus yang merugikan baik pada manusia, hewan ataupun tumbuhan.

Berikut akan diberikan contoh jenis-jenis virus tersebut.

A. Virus yang merugikan tubuh manusia

1. HIV (Human Immunodefi ciency Virus)

Virus ini menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Defi ciency Syndrome), menyerang sel-sel darah putih limfosit T. Gejala penyakitnya adalah seperti gabungan gejala beberapa jenis penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.
Untuk lebih jelasnya mengenai virus HIV baik struktur maupun cara kerja virus dalam menyusup ke manusia, bisa dibaca di artikel berikut ini(baca: mekanisme kerja virus hiv di dalam tubuh manusia  dan juga artikel berikut ini dibalik ganasnya virus HIV)
struktur virus HIV
struktur virus HIV

2. Virus ebola (ebola virus)

Virus ini menyebabkan penyakit ebola yang mematikan. Virus ini menyerang sel-sel pertahanan tubuh. Gejalanya adalah demam yang disertai pendarahan. virus ebola ini pertama kali ditemukan di benua Afrika yang merenggut ribuan orang dalam waktu kurang dari satu bulan. untuk lebih jelasnya mengenai virus ebola, pelajari materi berikut ini(versi inggris: siklus hidup virus ebola)
struktur virus ebola
struktur virus ebola

3). Virus hepatitis (Hepatitis virus)

Virus ini menyebabkan penyakit hepatisis B. Virus ini menyerang sel-sel hati, sehingga perut penderita membesar dan tubuhnya berwarna kuning. berita terbaru bahwa beberapa mahasiswa IPB terserang virus hepatitis B, hal ini kemungkinan dikarenakan karena virus ini menyebar melalui makanan dan minuman.
struktur virus hepatitis B
struktur virus hepatitis B

4). Measles virus

Measles virus menyebabkan penyakit cacar. Virus ini menyerang sel kulit dan menimbulkan gejala awal seperti demam, pilek, kemudian muncul luka cacar, yang dimulai dari wajah dan akhirnya keseluruhan tubuh.

5). Herpes Simplex virus

Virus ini menyebabkan penyakit herpes. Virus ini menyerang membran mukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejala penyakitnya adalah kulit memerah dan muncul bintilbintil seperti luka melepuh.

6). Human Papilomavirus

Virus ini menyebabkan penyakit kutil pada manusia. Virus ini menyerang sel-sel kulit dan dapat menyebabkan kanker. Gejalanya adalah munculnya benjolan kulit.

7). Adeno virus

Virus ini menyebabkan gangguan pada sistem respirasi dan menyebabkan tumor rahim pada wanita. Gejala serangan virus ini adalah perut sakit seperti menstruasi dan timbul benjolan di
dalam rahim (perut).

8). Mumps virus

Virus ini menyebabkan penyakit gondong atau parotitis. Virus ini menyerang kelenjar parotis, sehingga menimbulkan bengkak atau radang pada rahang.

9). Orthomycovirus

Orthomycovirus menyebabkan penyakit infl uenza. Gejalanya panas tubuh tinggi, sesak nafas, keluar lendir pada rongga hidung, nafsu makan berkurang, pusing kepala, batuk, dan demam.

10). Rabiez virus (Virus rabies)

Virus rabies menyerang sistem syaraf pada hewan atau manusia. Penyakit ini disebut penyakit anjing gila. Penyakit ini ditularkan pada manusia lewat gigitan hewan anjing, kucing, atau kera yang
menderita rabies.Vaksin rabies pertama kali ditemukan oleh Louis Pasteur.

11). Poliomyelitis (Virus polio)

Virus ini menyerang sistem syaraf, yaitu pada sistem alat gerak anak balita, sehingga menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak bagian bawah (kaki). Penyakit polio ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin polio. Vaksin polio ditemukan pertama kali oleh Jonas Salk.

B. Virus yang merugikan tubuh hewan

Berbagai jenis virus juga dapat menimbulkan penyakit pada hewan. Jenis-jenis virus tersebut antara lain:

1) Paramyxovirus

Virus ini menyebabkan penyakit NCD (New Castle Desease), menyerang sistem syaraf pada unggas (misal: ayam). Penyakit ini sering disebut penyakit tetelo atau parrot fever. Gejala penyakitnya mencret dan batuk-batuk.
paramixovirus

2) Foot and Mouth Desease

Virus ini menyebabkan penyakit pada kuku dan mulut, menyerang hewan ternak, seperti sapi, kuda, kerbau, domba, biri-biri, dan keledai.

3) Rhabdo virus

Virus ini menyerang sistem syaraf pada hewan (anjing, kucing, kera), menyebabkan penyakit rabies. Penyakit ini dapat menular ke manusia melalui gigitan hewan yang telah menderita penyakit rabies.

4). Rous Sarcoma Virus (RSV)

Virus ini menyebabkan penyakit tumor pada ayam.

5). Bovine Papilo virus

Virus ini menyebabkan penyakit tumor pada sapi.

C. Virus yang merugikan tanaman

Contoh virus yang merugikan tanaman adalah virus Mosaik Tembakau, virus Tungro, dan virus CVPD

1) Virus Mosaik Tembakau (Tobacco Mosaic Virus, TMV)

Virus ini menyebabkan penyakit mosaik pada daun tembakau. Gejalanya adalah timbulnya bercak-bercak berwarna kuning pada daun tembakau, sehingga menghambat pertumbuhan daun
tembakau.

2). Virus Tungro

Virus ini menyerang batang dan akar padi, sehingga tumbuhan padi menjadi kerdil (pertumbuhan yang tidak normal). Virus ini ditularkan melalui serangga yaitu wereng coklat dan wereng
hijau.
virus tungro

3). Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)

Virus ini menyebabkan penyakit degenerasi (penyakit tumor) pada batang dan daun jeruk. Virus ini menyerang sistem pembuluh pengangkut floem pada tanaman jeruk.

Baca juga



Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/01/peranan-virus-yang-merugikan-bagi.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/01/peranan-virus-yang-merugikan-bagi.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon