Keanekaragaman Gen

Makhluk hidup yang ada di bumi memiliki banyak kesamaan dengan makhluk hidup lainnya. sebagai contoh, mangga memiliki banyak jenis seperti mangga golek, mangga manalagi, mangga arum manis, mangga keong, dll yang masih banyak lagi, inilah yang dinamakan dengan keanekaragaman genetik.

Dari contoh di atas, lalu apa definisi dari keanekaragaman genetik itu? keanekaragaman genetik adalah bentuk variasi karakteristik yang dimiliki oleh suatu spesies yang sama.

Contoh diatas adalah salahsatunya. perhatikan gambar buah mangga di atas, hampir mirip bukan? mangga memiliki banyak varietas seperti pada gambar diatas, secara umum semua jenis mangga memiliki bentuk yang hampir sama, baik buah, daun, bentuk pohonnya, perakarannya dll. yang membedaakan adalah terletak pada rasa, warna, dan ukuran yang memiliki perbedaan di tiap jenis mangga, oleh karena itu mangga dikelompokkan ke dalam satu keanekaragaman gen.

mangga arum manis
mangga arum manis

Mangga golek
Mangga golek

mangga keong
mangga keong

mangga manalagi
mangga manalagi


Biasanya di soal-soal baik soal ulangan semester, ualanga harian, ataupun ujian nasional tipe soal yang sering keluar adalah di dalam soal tersebut disuruh memilih mana yang merupakan satu jenis keanekaragaman gen atau bukan, atau bisa juga soalnya disuruh menentukan apakah soal tersebut merupakan  keanekaragaman gen.

Contoh soal:
1. Terdapat buah-buahan sebagai berikut
  • durian montong
  • durian petruk
  • mangga manalagi
  • sirsat
Manakah yang termasuk ke dalam keanekaragaman gen?
sudah dapat dipastikan bahwa keanekaragaan gen adalah yang durian montong dan durian petruk karena memiliki kemiripan yang sangat besar dibanding pilihan yang lainnya.


Ada juga tipe soal yang yang di dalamnya merupakan spesies menggunakan nama ilmiah, lalu bagaiamanakah cara membedakan dengan keanekaragaman jenis?

contoh soal:
1. terdapat makhluk hidup sebagai berikut
  • Accipiter soloensis
  • Accipiter gularis
Termasuk jenis keanekaragaman apakah dua contoh diatas?
 Jawabannya adalah dua nama ilmiah tersebut tidak termasuk ke dalam keanekaragaman gen dikarenakan sudah memiliki nama ilmiah yang berbeda. yaitu soloensis dan gularis. lalu jenis keanekragaman tersebut? jawabanyya adalah keanekaragaman spesies karena sudah berbeda spesies.

Mudah bukan untuk menentukan keanekaraman gen?


Keanekaragaman sifat genetik pada suatu makhluk hidup dikendalikan oleh gen-gen yang ada didalam kromosom yang dimilikinya. Kromosom tersebut didapatkan dari kedua induknya melalui pewarisan sifat. Namun, gen juga dapat dipengaruhi dengan kondisi lingkungan tempat hidupnya. Contohnya bibit yang diambil dari batang induk mangga yang memiliki sifat genetik berbuah dengan besar,dan bila ditanam pada area yang berbeda maka ada kemungkinan tidak menghasilkan buah mangga berukuran besar seperti sifat genetik induknya. Jika ingin mempelajari mengenai kromosom bisa dipelajari dibab substansi hereditas, sub bab kromosom di link ini.
kromosom manusia
kromosom manusia
Keanekaragaman gen juga dapat ditingkatkan melalui hibridisasi atau perkawinan silang antara spesies satu dengan spesies yang berbeda sifat atau melalui proses domestikasi (budidaya tumbuhan liar atau hewan).

Contohnya adalah proses hibrid dari tanaman anggrek akan mendapatkan warna yang beragam, hibridisasi sapi fries Holland dengan sapi bali, dan hibridisasi berbagai jenis tanaman atau hewan tertentu dengan spesies liar untuk mendapatkan jenis yang tahan terhadap penyakit. Dengan cara hibridisasi ini maka kita dapat memperoleh sifat genetik yang baru dari suatu organisme-organisme pada suatu spesies.

Baca juga


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/keanekaragaman-gen.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/keanekaragaman-gen.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon