Keanekaragaman Spesies

Setelah mempelajari mengenai keanekragaman gen pada materi sebelumnya, kali ini www.biologiedukasi.com akan memberikan gambaran umum mengenai keanekaragaman spesies/jenis berikut ini.
Panthera leo
Panthera leo
Harimau sumatra, singa, dan macan tutul adalah salahsatu contoh dalam keanekaragaman spesies. meskipun ketiga spesies tersebut terdapat pada satu genus yaitu genus Panthera namun ketiga spesies tersebut sudah memiliki nama spesies yang berbeda yaitu Phantera tigris untuk harimau, Panthera pardus untuk macan tutul, dan Panthera leo untuk singa sehingga sudah dikelompokkan ke dalam keankeragaman spesies.

Keanekaragaman jenis/spesies adalah adanya perbedaan yang bisa ditemukan pada kelompok atau komunitas pada berbagai spesies yang hidup di suatu habitat makhluk.

Jadi, keanekaragaman spesies dimulai dari tingkat genus sampai pada tingkat kingdom. misalnya kucing, harimau, jerapah, gajah, kudanil, dan burung elang merupakan keanekaragaman tingkat spesies/jenis.

Dari contoh diatas bisa dilihat bahwa antara ketiga spesies tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari segi ukuran, bentuk tubuh, rambut yang dimiliki, bentuk telingan, kaki dll, sehingga sudah di kelompokkan ke dalam keankeragaman spesies atau jenis meskipun di dalam satu genus Panthera.

Panthera pardus
Panthera pardus
Phantera tigris
Phantera tigris
Mudah bukan untuk mengidentifikasi keanekaragaman spesies?

untuk melengkapinya, perhatikan contoh soal berikut ini yang sering keluar di soal-soal semester maupun ujian nasional mengenai keanekaragaman spesies.

Contoh soal
1. Terdapat spesies
  1. ayam kate
  2. ayam kampung
  3. itik
  4. burung elang
  5.  singa
Manakah yang bukan termasuk keanekaragaman spesies?a. 1, 2
b. 2, 3
c, 4, 5
d. 2, 4
e. 1, 3

jawabannnya pasti A, dikarenakan itu termasuk keanekaragaman gen.


Selamat belajar sobat biologiedukasi.com

Baca juga
Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/keanekaragaman-spesies.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/06/keanekaragaman-spesies.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon