Dampak Negatif Adanya Bioteknologi Modern

1. Gangguan kesehatan

Penyisipan gen asing pada tanaman komoditas, misalnya kedelai atau jagung, bisa memunculkan protein yang bersifat alergen (menimbulkan reaksi alergi) pada sebagian orang.

2. Terganggunya keaneragaman hayati dan ekosistem

Kecenderungan masyarakat untuk hannya menanam tanaman varietas unggul menyebabkan tersingkirnya tanaman varietas lokal yang tidak unggul. Disamping itu, protein insektisida yang dibawa oleh tanaman transgenik dapat mebunuh serangga nontarget sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

3. Terganggunya pada teknologi

Jika tidak menguasai perekembangan bioteknologi, sangat mungkin masayarakat kita akan selalu bergantung pada produk yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi besar. Sebagai contoh petani akan selalumembeli benih setiap kali akan menanam semangka tanpa biji karena tidak mampu mebuat benihnya sendiri.

4. Timbulnya kontroversi

Rekayasa genetika dapat menimbulkan kontroversi dimasyarakat ketika terjadi penyisipan gen dari hewan ke tumbuhan atau dari manusia ke hewan. Apalagi, penyisipan gen tersebut berasal dari hewan yang diharamkan. Kloning berbagai jenis hewan telah berhasil dilakukan, tetapi kloning manusia pasti akan memunculkan masalah, baik ditinjau dari sains, masyarakat, apalagi agama.

5. Munculnya patogen super

Lepasnya mikroba yang telah direkayasa dapat menyebabkan terjadinya pertukaran genetik dengan mikroba patogen sehingga patogen tersebut memiliki sifat sifat yang membuatanya menjadi unggul, misalnya kebal terhadap antibiotik. Hal itu tentu akan menyulitkan dalam membunuh mikroba patogen tersebut.


Materi Terkait Bioteknlogi

  1. 4 Disiplin Ilmu yang Digunakan Dalam Bioteknologi
  2. Ciri-Ciri Produk yang menggunakan Suatu Proses Bioteknologi
  3. Contoh-Contoh Produk Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern
  4. Peran Bioteknologi dalam Industri Makanan, Produksi Bahan Organik, dan Pertanian
  5. Peran Bioteknologi dalam Bidang Reproduksi (Teknologi Plasmid, Kloning dan Bayi Tabung)
  6. Peran Bioteknologi dalam Bidang Farmasi, Peternakan, Pengolahan Limbah, dan Pertambangan
  7. Dampak Negatif Adanya Bioteknologi Modern

Referensi Materi Bioteknologi

P. Fictor Ferdinand, & Moekti Ariebowo. 2009. Praktis Belajar Biologi 3: untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Pratiwi, D.A., Sri Maryati, Srikini, Suharno, & Bambang S. 2012. Biologi SMA kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pujiyanto, Sri & Rejeki Siti Fatimah. 2016. Menjelajah Dunia Biologi keas XII SMA. Solo: Tiga Serangkai.

Rachmawati, Faidah., Nurul Urifah, & Ari Wijayati. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XII Program IPA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Subardi, Nuryani, & Shidiq Pramono. 2009. Biologi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Negatif Adanya Bioteknologi Modern"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel