Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Kudanil (Chaeropsis liberiensis)

Klasifikasi Ilmiah Kudanil

Kingdom     : Animalia
Phylum        : Chordata
Class            : Mammalia
Order           : Artiodactyla
Family         : Hippopotamidae
Genus          : Choeropsis
Species        : C. liberiensis

Deskrispi Kudanil (Chaeropsis liberiensis)

Kuda nil (Latin: Hippopotamus amphibius) atau hippo (bahasa yunani : hippos “kuda” dan potamos “sungai”) adalah mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar, omnivora, dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Kuda nil adalah mamalia berkaki pendek, tubuhnya seperti tong,dan mulutnya besar. Ia merupakan binatang darat terbesar kedua. Ada dua spesies kuda nil, yang besar dan yang kerdil.keduanya hidup di Afrika. Yang besar beratnya bisa mencapai 3.629 kg dan panjangnya 4,6 meter. Yang kerdil 3.629 kg dan panjangnya 4,6 meter.

Yang kerdil beratnya kira kira 181 kg. Kuda nil hidup di dekat air. Mata, telinga dan hidungnya terletak dibagian atas kepalanya. Ia dapat melihat, mendengar, dan bernafas dengan bagian bawah kepalanya berada di dalam air. Kuda nil menggunakan sebagian besar waktunya didalam air.
Klasifikasi Kuda Nil (Chaeropsis liberiensis)
Klasifikasi Kuda Nil (Chaeropsis liberiensis)
Sekali menyelam, kuda nil dapat merendam di bawah air sampai lima menit lamanya. Kulitnya yang tebal hampir tidak berbulu. Kuda nil makan di tepi sungai paa malam hari. Makannya terutama rumput.kuda nil dapat menghabiskan kira kira 45 kg makanan sehari. Kuda nil diburu untuk diambil daging,kulit, dan taring gadingnya.

Perilaku dan Kebiasaan

Perilaku kuda nil kerdil berbeda dari kuda nil lainnya. Bahkan perilakunya yang lebih mirip dengan tapir, meskipun ini adalah efek dari evolusi konvergen. Hewan ini cenderung mengabaikan satu sama lain daripada melawan ketika mereka bertemu.

Kuda nil kerdil banyak menghabiskan waktu bersembunyi di sungai. Mereka akan beristirahat di tempat yang sama selama beberapa hari berturut-turut, sebelum pindah ke tempat baru.

Makanan

Makanan kuda nil kerdil adalah pakis, tanaman berdaun lebar dan juga buah-buahan.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Kudanil (Chaeropsis liberiensis)"