Home Top Ad

Klasifikasi Koala ( Phascolarctos cinereus)

Share:

Klasifikasi ilmiah Koala

Kerajaan       : Animalia
Filum            : Chordata
Kelas            : Mammalia
Infrakelas     : Marsupialia
Ordo             : Diprotodontia
Upaordo       : Vombatiformes
Famili           : Phascolarctidae
Genus           : Phascolarctos
Spesies          : P. cinereus
Nama binomial : Phascolarctos cinereus


Deskripsi Koala ( Phascolarctos cinereus)

Koala adalah salah satu spesies binatang yang paling ikonik endemik Australia. Koala termasuk hewan mamalia, dan berbentuk seperti beruang kecil berwarna abu-abu. Koala itu termasuk jenis Marsupialia. Marsupialia adalah hewan yang mempunyai kantong perut. Koala memanfaatkan kantong perut tersebut untuk membawa anaknya yang belum dewasa.

Spesies koala dapat kita temukan di Australia, di sepanjang pesisir Timur seperti di Adelaide, karena cuaca disana cocok untuk koala karena memiliki curah hujan yang cukup. Hewan ini merupakan hewan yang dilindungi Australia, karena keberadaannya yang sudah terancam punah.
Klasifikasi Koala ( Phascolarctos cinereus)
Klasifikasi Koala ( Phascolarctos cinereus)

Koala dikenal sebagai spesies yang memakan daun. Daun yang dimakan adalah daun Ekaliptus. Daun ini memiliki kandungan air yang cukup banyak, karena itu Koala terlihat jarang minum dan jarang turun dari pohon yang dihinggapinya. Berikut ini adalah gambar Koala yang sedang memakan daun Marsupialia.

Koala memiliki ciri ciri fisik yaitu, memiliki bulu tubuh yang lebat,halus/lembut, dan berwarna abu –abu atau kecokelatan di punggungnya. Koala ada yang hidup di bagian Utara, dan Selatan. Koala yang hidup dibagian Utara memiliki bulu yang lebih tipis daripada koala yang ada di Selatan. Hal ini dikarenakan ikilm di Utara lebih panas daripada di Utara.

Bulu yang ada di bagian perut koala berwarna putih. Bentuk tubuh koala sedikit mirip dengan Wombat, namun koala memiliki bulu yang lebih tebal, telinga yang lebih besar, dan lengan yang lebih panjang daripada Wombat.

Panjang koala dewasa berukuran kurang lebih 64-76 cm dengan berat sekitar 5-14 kg. Koala tidak memiliki ekor, memiliki hidung besar yang tidak berambut, dan telinga yang bulat. Koala juga memiliki cakar yang tajam, kuat, dan panjang yang digunakan untuk memanjat pohon. Cakar depan ada dikedua ibu jari yang digunakan untuk mencengkeram dahan. Cakar kedua dan ketiga ada di kaki belakang.

Koala adalah hewan pendiam yang nokturnal (hidup beraktivitas di malam hari). Namun jika mereka berada di bawah tekanan, koala seringkali menjerit dan menangis, mirip seperti bayi manusia. Koala yang hidup di penangkaran dapat bertahan hidup sambai berumur 18 tahun.

Koala menghabiskan sebagian besar waktunya di cabang-cabang kanopi pohon dimana dia dapat dengan mudah makan. Koala bisa tidur sampai dengan 18 jam. Hal ini dikarenakan makanan koala tidak memberikan banyak energi. Koala juga sering disebut hewan anti-sosial karena hanya menghabiskan 15 menit untuk bersosialisasi.


Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link