Klasifikasi Punai Gading (Treron vernans)

Klasifikasi Ilmiah Punai Gading (Treron vernans)

Kerajaan : Animalia
Filum     : Chordata
Kelas      : Aves
Ordo      : Columbiformes
Family   : Columbidae
Genus    : Treron
Spesies  : T. vernans

Nama keren burung ini ialah Pink Necked Green Pigeon (merpati hijau berleher merah muda),dan tentunya ia juga memiliki nama ilmiah yaitu “Treron vernans” yang masuk dalam family Columbidae (keluarga merpati dan dara).
Punai Gading (Treron vernans)
Punai Gading (Treron vernans)

Habitat Punai Gading (Treron vernans)

Burung yang berbulu indah ini dapat ditemukan di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Vietnam, Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Kamboja.

Burung jenis ini umumnya berhabitat di hutan pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl.

Punai gading membangun sarang di semak-semak dekat permukaan tanah. Sarang yang dibuat oleh burung punai ini sangat tipis, sehingga apabila kita menemukannya kita dapat melihat isi sarangnya dari luar. Biasanya, burung jantanlah yang bertanggungjawab untuk mengumpulkan material sarang, sementara betinanya yang membangun sarang.

Penyebaran Punai Gading (Treron vernans)


  • Indocina, Semenanjung Malaysia, Filipina
  • Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara
  • Wanawisata Penggaron, Hutan sekunder ungaran

Perilaku Punai Gading (Treron vernans)

Seperti burung pada umumnya , burung punai gading dengan warna bulu yang indah menunjukkan jenis kelamin jantan untuk menarik perhatian pasangannya.

Warna-warna yang tidak biasa ini juga memiliki tujuan sekunder. Yaitu kamuflase. Burung ini berkamuflase dengan baik ketika leher pink dan tubuh hijau mereka berada diantara vegetasi yang lebat, buah-buahan dan tentu saja bunga hutan hujan.
Punai Gading (Treron vernans)
Punai Gading (Treron vernans)
Punai Gading mencintai pohon-pohon dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kanopi. Berkumpul dalam kelompok kecil, hinggap pada pohon buah-buahan (seperti bringin dan kersen) untuk mencari makan biji-bijinya. Mereka turun ke tanah hanya ketika mereka haus atau mencari beberapa buah yang telah jatuh.

Pada saat terganggu, mereka akan terbang berdua atau bertiga dengan kepakan sayap yang keras. Sedangkan pada malam dan pagi hari, mengeluarkan suara mendengkur lembut yang rendah dari tempat bertenggernya.

Burung ini memiliki Siulan seperti mendengkur yang terdengar aneh dengan ratapan sebagai ancangan pada awalnya. “Oooo-ooo, cheweeo- cheweeo- cheweeo”, juga “krrak, krrak” yang serak ketika makan berkelompok.

Monografi Punai Gading (Treron vernans)

Punai gading memiliki ukuran tubuh agak kecil yaitu (29 cm).Untuk deskripsinya sebagai berikut,

Jantan:

Kepala abu-abu kebiruan. Sisi leher, tengkuk bawah dan garis melintang pada dada warna merah jambu. Dada bagian bawah jingga. Perut hijau dengan bagian bawah kuning.
Sisi-sisi rusuk dan paha bertepi putih. Penutup bawah ekor coklat kemerahan. Penutup ekor atas perunggu. Punggung hijau. Sayap gelap dengan tepi kuning kontras. Ekor abu-abu dengan garis hitam di bagian subterminal dan tepi abu-abu pucat.

Betina:

Hijau tanpa warna merah jambu, abu-abu dan jingga seperti pada jantan. Iris merah jambu, paruh abu-abu biru pangkal hijau, kaki merah.

Perkembangbiakan Punai Gading (Treron vernans)

Mereka berbiak hampir setiap waktu. Telurnya berwarna putih dan berjumlah 2 butir di setiap sarang.
Previous
Next Post »

Mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon