Struktur dan Fungsi Nukleus

Nukelus atau yang dalam bahasa indonesia dinamakand dengan inti sel merupakan bagian sel yang sangat penting bagi  sel. lokasi nukleus berada di tengah sel yang memiliki bentuk bulat. Struktur yang merupakan pusat pengendali seluruh kegiatan sel ini, memiliki dua rangkap membran nukleus sebagai pembatas terhadap sitoplasma yang ada di sekelilingnya.
struktur nukleus
struktur nukleus
Membran ini tersusun dari lipoprotein yang sama seperti membran plasma, serta memiliki pori-pori yang memungkinkan beberapa macam substansi dapat melintasinya, baik dari dalam nukleus ke sitoplasma maupun sebaliknya.

membran nukleus, tampak memiliki pori-pori/lubang(nuclear pore)
membran nukleus, tampak memiliki pori-pori/lubang(nuclear pore)

Matriks di dalam nukleus disebut nukleoplasma, di dalamnya terkandung bermacam-macam enzim yang terlarut serta kromosom dan nukleoid (tunggal: nukleolus)

Komponen utama penyusun kromosom ialah protein dasar yang disebut histon dan asam nukleat dalam bentuk asam deoksiribonukleat (DNA). DNA merupakan substansi genetika pembawa sifat-sifat keturunan.  Jika ingin lebih paham mengenai DNA, bisa di pelajari disini( Substansi Herediats DNA) Di dalam sel yang tidak sedang mengalami proses pembelahan, terdapat kromosom yang sangat halus dan panjang yang biasa disebut sebagai kromatin.
struktur kromosom
struktur kromosom
Jumlah kromosom pada sel berbagai spesies sangat bervariasi, jumlah tersebut umumnya tetap pada setiap spesies. Nukleolus merupakan badan yang berbentuk bundar dan hanya tampak setelah berakhirnya proses pembelahan sel.
 
Kromosom manusia di ciptakan berpasang-pasangan dimana pasangan kromosom tersebut dinamakan kromosom homolog(kembar) setiap pasangan kromosom yang terdiri dari dua kromosom dikatakan bersifat diploid(2n) sedangkan apabila tidak berpasangan dikatakan haploid(n).
Setiap makhluk hidup tersusun dari sel tubuh dan sel kelamin.

Sel tubuh/sel somatik disusun oleh kromosom tubuh/autosom. Sedangkan sel kelamin/sel gamet disusun oleh kromosom kelamin/gonosom. Pada manusia sel tubuh tersusun dari 46 kromosom di tiap sel nya. Jumlah ini merupakan ketetapan untuk menghasilkan manusia normal, kekurangan ataupun kelebihan jumlah kromosom tubuh ini maka bisa mengakibatkan kecacatan sindrom.
Berikut perhitungan jumlah kromosom manusia

Manusia
46 kromosom
Kromosom dijabarkan
44 A(autosom) + XX/XY(gonosom)
Kromosom di detailkan lagi
22AA + XX/XY

Untuk lebih jelasnya mengenai kromosom, bisa di pelajari di materi substans hereditas pada manusia yang membahas lebih spesifik mengenai kromosom

Selain DNA, di dalam nukleus juga terdapat RNA(Ribonucleat acid) yang memiliki struktur yang mirip dengan DNA, namun yang membedakan jika DNA memiliki dua untai, maka RNA memiliki satu untai tunggal. Jika ingin lebih paham mengenai RNA, bisa di pelajari disini (substansi Herediats DNA dan RNA)

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/02/struktur-dan-fungsi-nukleus.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/02/struktur-dan-fungsi-nukleus.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon