Sel Merupakan Penyusun Tubuh Manusia

Sel merupakan bagian yang sangat penting bagi makhluk hidup, Dikatakan sebagai makhluk hidup jika benda tersebut tersusun atas sel minimal satu sel(ada pada makhluk hidup prokariotik seperti bakteri) dan maksimal hingga puluhan ratus juta sel dalam tubuhnya(ada pada makhluk hidup eukariotik seperti hewan, tumbuhan, dan manusia).
sel terlihat nukleusnya dibagian tengah
sel terlihat nukleusnya dibagian tengah
Jika dilihat sekilas di bawah mikroskop, tampak bentuk sel itu kaku dan seperti benda mati. Akan tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, di dalam sel terjadi segala proses kegiatan, bahkan sebenarnya segala kegiatan kita sehari-hari itu terjadi pada tingkat sel. Ini dapat digambarkan dengan kegiatan kita sehari-hari, misalnya ketika kita melakukan aktivitas membaca buku. Sel-sel apa sajakah yang bekerja saat kita melakukan aktivitas itu?

Sel-sel tubuh yang bekerja antara lain sel otot. Dengan adanya sel otot, maka tangan kita bisa memegang buku. Selain itu, sel batang dan kerucut mata juga bekerja menerima bayangan tulisan atau gambar. Setelah itu, sel otak akan menerjemahkan sehingga menghasilkan suatu pengertian. Berdasarkan gambaran tersebut dapat kita ketahui bahwa sel itu hidup dan saling bekerja sama satu dengan yang lain untuk melakukan fungsi hidup.
sel batang pada retina mata
sel batang pada retina mata
Fakta tersebut menunjukkan bahwa tubuh manusia tersusun atas kumpulan sel-sel. Sel-sel berkelompok membentuk suatu jaringan, dan kemudian jaringanjaringan akan menyusun organ. Organ mempunyai beragam bentuk dan fungsi. Organ-organ tersebut saling berkaitan satu sama lain untuk membentuk suatu sistem. Sistem organ inilah yang akan membentuk organisme baru. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sel merupakan tingkatan terendah dari organisme kehidupan.


Jadi Sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup, jika di dalam tubuh tidak ditemukan sel, maka dapat dipastikan itu bukan makhluk hidup


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/02/apa-itu-sel.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/02/apa-itu-sel.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon