Membuat Kalimat dan Alinea yang Accurate, Brief, and Coherent pada Artikel Ilmiah

Penting ilustrasi
Artikel ilmiah sangat diperlukan bagi seorang peneliti yang digunakan untuk publikasi hasil penelitian yang dilakukannya. Tanpa ada publikasi maka apa yang dilakukan seoarang peneliti kurang dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Seoarang peneliti salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah menulis artikel ilmiah.

Penulisan artikel ilmiah harus mengacu pada prinsip ABC(accurate, brief, dan clear). Prinsip penulisan ini harus selalu dipegang jika ingin membuat artikel ilmiah yang berbobot.

Accurate berarti dalam penulisan karya ilmiah harus sesuai dengan apa yang ditelitinya, jangan sampai apa yang ditulis tidak sesuai dengan apa yang ditelitinya, jadi prinsipnya harus fokus terhadap apa yang ditelitinya.

Brief berarti dalam penulisan karya ilmiah harus singkat, jangan membuat tulisan ilmiah yang panjang lebar dan bertele-tele dalam membuat artikel ilmiah, sehingga pembaca dapat langsung menangkap apa yang ditulis oleh peneliti tersebut.

Clear berarti dalam penulisan artikel ilmiah harus jelas, jangan sampai di dalam penulisan artikel ilmiah memunculkan kalimat-kalimat ambigu yang dapat mengakibatkan kesalahan penafsiran dari pembaca dari artikel ilmiah tersebut.

Secara umum artikel ilmiah memiliki beberapa bagian-bagian diantaranya (1)Pendahuluan yang didalamnya terdapat latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. (2) metode penelitian yang didalamnya mencakup alat dan bahan, serta metode yang digunakan di dalam penelitian. (3) Hasil dan pembahasan. (4) kesimpulan.

Refleksi perkuliahan karya ilmiah tanggal 28 September 2015
Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2015/12/membuat-kalimat-dan-alinea-yang.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2015/12/membuat-kalimat-dan-alinea-yang.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon