Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA

Suatu benda dikatakan makhluk hidup jika memenuhi persyaratan ciri-ciri makhluk hidup. Jika salahsatu dari ciri-ciri makhluk hidup tidak terpenuhi maka benda tersebut tidak bisa dikatakan makhluk hidup. Berikut ciri-ciri makhluk hidup:

1. Bergerak Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Bergerak, Semua makhluk hidup dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak bebas atau pindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak. Alat gerak dapat berupa kaki untuk berlari, sirip untuk berenang, dan sayap untuk terbang

2. Makan dan Minum Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Makan, Makanan dan air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup. Makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, pertumbuhan, dan mengganti sel tubuh yang rusak. Sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut di dalam tubuh

3. Iritabilitas (Peka Terhadap Rangsang) Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Manusia mempunyai kulis sebagai indra peraba. Kulit merupakan bagian tubuh manusia yang peka terhadap rangsang. Rangsang tersebut dapat berupa panas, dingin, atau tekanan. Cara hewan peka terhadap rangsang hampir sama dengan manusia. Bahkan, ada beberapa jenis hewan yang lebih peka terhadap rangsang tertentu.

Misalnya kelelawar yang peka terhadap rangsang getaran berupa pantulan bunyi, kemampuan kelelawar ini sering disebut ekolokasi. Sedangkan tumbuhan juga peka terhadap rangsang, bisa berupa rangsang cahaya seperti pada bunga pukul 4 (Mirabilis jalapa), atau rangsang sentuhan seperti pada putri malu.

4. Bernafas Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Bernapas atau respirasi pada manusia dapat diartikan sebagai proses memasukkan oksigen ke dalam paru-paru dan mengeluarkan gas zat-zat sisa. Di dalam sistem pernapasan manusia terjadi proses pertukaran antara gas oksigen dan karbondioksida.

Oksigen akan digunakan untuk proses metabolisme tubuh dan menghasilkan energi. Sisa-sisa metabolisme berupa gas karbondioksida selanjutnya akan dialirkan ke paru-paru dan dikeluarkan melalui hidung. Oksigen dialirkan ke seluruh tubuh melalui media darah. Sedangkan karbondioksida dialirkan dari seluruh tubuh menuju paru-paru.
Baca: Mekanisme bernafas pada manusia
Bukan hanya manusia saja yang memerlukan proses pernapasan. Tumbuhan membutuhkan udara untuk menghasilkan makanan dan hewan juga memerlukan udara seperti halnya manusia. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah bernapas.

Sistem pernapasan pada setiap makhluk hidup tidaklah sama, karena disesuaikan habitat dia hidup dan jenis makhluk hidup tersebut. Sebagai contoh hewan yang hidup di darat seperti kucing bernapas menggunakan paru-paru. Sedangkan hewan yang hidup di laut seperti ikan bernapas menggunakan insang.
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA


5. Tumbuh dan Berkembang Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Manusia dikatakan tumbuh ketika tubuhnya semakin bertambah tinggi. Perubahan bentuk tubuh terjadi akibat sel-sel dalam tubuh jumlahnya semakin banyak, sehingga volume tubuh menjadi bertambah. Pertumbuhan bersifat irreversibel yang artinya jika Anda bertambah tinggi maka tidak akan mungkin kembali menjadi pendek.

Sementara itu berkembang merupakan proses perubahan menuju kedewasaan. Sebagai contoh perkembangan katak. Awalnya telur ktak menetas dan berubah menjadi berudu, lalu berubah menjadi katak berekor, kemudian menjadi katak muda, dan terakhir berubah menjadi katak dewasa.

Pertumbuhan yang terjadi pada manusia dan hewan bersifat terbatas, artinya kita hanya bisa tumbuh sampai usia tertentu dan setelah itu pertumbuhannya akan terhenti. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan biasanya tidak memiliki batasan usia, maknanya tumbuhan akan selalu tumbuh seumur hidupnya.

6. Ekskresi / Mengeluarkan Zat Sisa Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA

Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskresi), Setelah berolahraga, tubuhmu berkeringat. Demikian pula saat udara terasa panas, tubuhmu berkeringat. Sebaliknya, saat udara dingin, kamu lebih sering buang air kecil mengeluarkan urine.

Keringat yang mengandung garam mineral dan urine merupakan contoh zat sisa yang dikeluarkan makhluk hidup. Ada pula karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan sebagai zat sisa dari proses respirasi. Pengeluaran zat sisa oleh makhluk hidup disebut ekskresi. Ekskresi sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun sehingga jika tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.
Baca: Perbedaan ekskresi, defekasi, dan sekresi

8. Bereproduksi/Berkembang Biak Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA
Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA
Berkembang Biak, Induk kucing melahirkan anak kucing. Induk kuda melahirkan anak kuda dan induk sapi melahirkan anak sapi. Dari individu berkembang menjadi banyak individu. Itulah yang disebut berkembang biak (reproduksi). Semua makhluk hidup dapat berkembang biak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah melestarikan jenisnya.
Baca: Ogan reproduksi laki-laki

9. Adaptasi Merupakan Ciri Makhluk Hidup

Beradaptasi, Pernahkah kamu memerhatikan bagaimana anjing dan kucing tidur? Mereka menggulungkan badannya, bukan? Apakah hewan itu menggulungkan badannya pada hari panas? Perhatikan bahwa unta menyimpan lemak sebagai cadangan makanan di punuknya. Kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air di lingkungannya yang panas.

Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan air di lingkungannya yang berair. Pohon jati akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan. Semua contoh tersebut adalah bukti bahwa makhluk hidup dapat menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan beradaptasi membuat makhluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.


Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Makhluk Hidup Yang Perlu di Pelajari di Kelas X IPA"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel