Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anatomi dan Struktur Jantung Manusia

A. Struktur Jantung

Jantung terletak di dalam rongga mediastinum dari rongga dada (toraks), di atas paru-paru. Jantung berukuran sebesar kepalan tangan masing-masing orang. Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh.

Pada manusia, jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kiri, serambi ka- nan, bilik kiri, dan bilik kanan. Dinding jantung terdiri atas 3 lapisan, antara lain perikardium, miokardium, dan endokardium.
Struktur Jantung Manusia
Struktur Jantung Manusia


Perikardium adalah selaput pembungkus jantung. Perikardium terdiri dari 2 bagian, yaitu sebelah dalam dan luar. Di antara kedua lapisan perikardium di pisahkan oleh sedikit cairan pelumas yang berfungsi mengurangi gesekan yang disebabkan oleh gerakan memompa dari jantung itu sendiri.

Miokardium adalah otot jantung, adapun endokardium adalah selaput yang membatasi ruangan jantung. Antara ruangan jantung terdapat klep (katup) yang berfungsi untuk mengatur aliran darah agar tetap searah.

Klep pada ruangan jantung tersebut, antara lain:

  1. Valvula trikuspidalis dan valvula mitral Klep (katup) ini terdapat antara se- rambi kanan dan bilik kanan.
  2. Valvula bikuspidalis: Letak klep (katup) ini terdapat antara serambi kiri dan bilik kiri.
  3. Valvula semilunaris: Klep (katup) ini terdapat pada pang- kal nadi besar.

Di dalam miokardium ada jalan-jalan penghantaran khusus yang berfungsi menjamin irama dan impuls serta kontraksi otot jantung, yang dikendalikan oleh sistem saraf tak sadar.

Sistem saraf yang bekerja pada jantung adalah sebagai berikut.

  1. Simpul Keith – Flack (nodus sino aurikularis), terdapat pada dinding serambi di antara vena yang masuk ke serambi kanan.
  2. Simpul Tawara (nodus atrioventrikularis), terdapat pada sekat serambi dengan bilik.
  3. Berkas His, yang terdapat pada sekat antara bilik jantung. Simpul saraf ini bercabang-cabang ke otot serambi jantung.

Urutan normal jalannya impuls melalui sistem saraf dimulai dari nodus aurikularis. Karena itu nodus aurikularis disebut sebagai pemacu alami dari jantung. Impuls dari jantung ini kemudian menyebar dari nodus sino aurikularis menuju sistem penghantar khusus dan kemudian sampai ke otot-otot serambi. Impuls ini kemudian sampai ke nodus atriobentrikularis.

Dari nodus atriobentrikularis impuls diteruskan ke berkas His. Berkas His ini bercabang menjadi cabang berkas sebelah kanan dan cabang berkas sebelah kiri, yang menjulur ke bawah pada sisi yang berlawanan dari sekat antara bilik.
Anatomi dan Struktur Jantung Manusia
Anatomi dan Struktur Jantung Manusia
Berkas cabang ini merupakan asal dari suatu jalinan cabang serabut yang kompleks yang disebut dengan sistem Purkinje, yang menyebar ke seluruh permukaan sebelah dalam kedua bilik jantung. Penyebaran impuls melalui serabut Purkinje ini berjalan cepat sekali. Dengan adanya sistem saraf di atas akan dapat menghasilkan suatu kontraksi dan kegiatan simultan dari sel-sel miokardium.


1 komentar untuk "Anatomi dan Struktur Jantung Manusia"

Mohon untuk tidak meninggalkan live link