Klasifikasi Ilmiah Nasalis larvatus

Share:

Klasifikasi ilmia Nasalis larvatus

Kerajaan                    : Animalia
Filum                         : Chordata
Kelas                         : Mammalia
Ordo                          : Primata
Famili                        : Cercopithecidae
Genus                         : Nasalis. É. Geoffroy, 1812
Spesies                       : N. larvatus
Nama binomial          : Nasalis larvatus

Deskripsi Nasalis larvatus

Bekantan atau biasa disebut Monyet Belanda merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan (Indonesia, Brunei, dan Malaysia). Bekantan merupakan sejenis kera yang mempunyai ciri khas hidung yang panjang dan besar dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Dalam bahasa ilmiah,

Klasifikasi Ilmiah Nasalis larvatus
Klasifikasi Ilmiah Nasalis larvatus
Bekantan dalam bahasa latin (ilmiah) disebut Nasalis larvatus, sedang dalam bahasa inggris disebut Long-Nosed Monkey atau Proboscis Monkey. Di negara-negara lain disebut dengan beberapa nama seperti Kera Bekantan (Malaysia), Bangkatan (Brunei), Neusaap (Belanda). Masyarakat Kalimantan sendiri memberikan beberapa nama pada spesies kera berhidung panjang ini seperti Kera Belanda, Pika, Bahara Bentangan, Raseng dan Kahau.

Bekantan yang merupakan satu dari dua spesies anggota Genus Nasalis ini sebenarnya terdiri atas dua subspesies yaitu Nasalis larvatus larvatus dan Nasalis larvatus orientalis. Nasalis larvatus larvatus terdapat dihampir seluruh bagian pulau Kalimantan sedangkan Nasalis larvatus orientalis terdapat di bagian timur laut dari Pulau Kalimantan.



Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link