Home Top Ad

Klasifikasi Ilmiah Lemur catta

Share:

Klasifikasi ilmiah Lemur catta

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Primata
Upaordo: Stepsirrhini
Famili: Lemuridae
Genus: Lemur . Linnaeus, 1758
Spesies: Lemur catta
Nama binomial: Lemur catta
Klasifikasi Ilmiah Lemur catta
Klasifikasi Ilmiah Lemur catta

Deskripsi Lemur catta

Lemur ekor cincin merupakan jenis primata yang memiliki ekor panjang dengan cincin berwarna hitam. Bagian ujung ekornya berwarna hitam. Lemur ini berukuran besar, panjang tubuh 39-46 cm, dengan ekor lebih panjang dari tubuhnya yaitu 56-63 cm, berat tubuhnya 2,2-4 kg. Tubuhnya ditutupi oleh rambut berwarna cokelat muda dan bagian depan dari leher hingga anus berwarna abu-abu atau putih.


Hewan ini memiliki moncong yang menyerupai musang dan berwarna hitam. Telapak tungkai depan dan belakang berwarna hitam. Rambut bagian disekitar wajah berwarna putih. Memiliki warna mata hitam dengan lingkar mata juga berwarna hitam. Lemur memiliki telinga yang mirip dengan telinga kelelawar.

Perilaku Lemur catta

Merupakan jenis hewan yang aktif pada siang hari (diurnal), hidup semi terestrial. Pada umumnya ketika berada di tanah akan berpindah atau bergerak dengan cara melompat dengan menggunakan tungkai belakangnya. Sedangkan saat dipohon akan sering berayun. Seperti jenis primata lain, lemur juga merupakan hewan yang hidup berkelompok.

Dalam satu kelompok didominasi oleh pejantan. Pejantan yang berumur 3-5 tahun akan keluar dari kelompok dan bergabung dengan kelompok lain.

Reproduksi : Lemur jantan kawin dengan lebih dari satu betina (Poligini). Sedangkan betina biasanya akan kawin dengan pejantan dari kelompoknya atau dengan pejantan dari kelompok lain. Masa kawin berlangsung pada pertengahan April - Mei. Kehamilan (gestasi) akan berlangsung selama 135 hari.

Lemur akan melahirkan satu bayi, jarang kembar dengan berat bayi tunggal mencapai 70 g. Bayi lemur akan dirawat oleh induk betina hingga umur 1 tahun, dan akan mulai beraktivitas sendiri dalam mencari makan setelah berumur 1 tahun lebih.

Pakan : Lemur juga memakan berbagai macam jenis buah sebagai makanan utamanya. Lemur juga memakan arthropoda, ulat, larva kumbang, serangga dan laba-laba.

Habitat : Lemur hidup semi terestrial. Lemur merupakan jenis hewan endemik Madagaskar yang mampu hidup di hutan dataran tinggi dan rendah. Pada umumnya mendiami hutan di sekitar sungai. Tersebar di Madagaskar.

Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link