Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Klassifikasi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Kerajaan   : Animalia
Filum        : Chordata
Kelas        : Aves
Ordo         : Passeriformes
Famili       : Sturnidae
Genus       : Leucopsar
Spesies     : Leucopsar rothschildi
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Deskripsi

Sepintas penampilannya mirip dengan burung Jalak Putih dan burung Jalak Suren, Burung Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Mata burung Jalak Bali berwarna coklat tua, daerah sekitar kelopak mata tidak berbulu dengan warna biru tua, Burung Jalak Bali mempunyai jambul yang indah, baik pada jenis kelamin jantan maupun pada betina,


Jalak Bali mempunyai kaki berwarna abu-abu biru dengan 4 jari jemari (1 ke belakang dan 3 ke depan), Paruh runcing dengan panjang 2 - 5 cm, dengan bentuk yang khas dimana pada bagian atasnya terdapat peninggian yang memipih tegak. Warna paruh abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kuning kecoklat-coklatan.

Burung Jalak Bali Pertama kali dilaporkan penemuannya oleh Dr. Baron Stressmann seorang ahli burung berkebangsaan Inggeris pada tanggal 24 Maret 1911. Atas rekomendasi Stressmann, Dr. Baron Victor Von Plessenn mengadakan penelitian lanjutan (tahun 1925) dan menemukan penyebaran burung Jalak Bali mulai dari Bubunan sampai dengan Gilimanuk dengan perkiraan luas penyebaran 320 km2.
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)
Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)


Posting Komentar untuk "Klasifikasi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)"