Metabolisme Sel, Sub Bab Katabolisme Karbohidrat, Rantai Transport Elektron

A. Rantai transport elektron(RTE)

Tahap terakhir dari katabolisme karbohidrat pada respirasi aerob adalah rantai transport elektron. Pada proses ini bahan utama yang dibutuhkan adalah NADH dan FADH 2 yang merupakan output/hasil dari glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, dan siklus krebs. Bahan bahan inilah yang nantinya akan digunakan untuk membentuk ATP.

Flash back kembali ke tahapan sebelum terjadi rantai transport elektron. Mari kita hitung jumlah NADH dan FADH2 yang dhasilkan pada tahapan sebelum rantai transport elektron
Tahap
NADH
FADH2
Glikolisis
2

Dekarboksilasi Oksidatif
2

Siklus Krebs
6
2
Jumlah Total
10
2

Lihat gambar RTE berikut ini

Rantai transport elektron. 1 NADH diubah menjadi 3 ATP,
1 FADH2 diubah menjadi 2 ATP
Rantai transport elektron pada prinsipnya adalah terjadi pemindahan elektron dari satu substrat ke substrat yang lainnya dari proses pemindahan ion hddrogen dari NADH dan H+ yang membentuk NAD+ + 2H+.


Rantai transport elektron dimulai dari NADH + H+ yang masuk melalui NADH reduktase sehingga terjadi pemindahan elektron sebanyak 2 elektron(2e). 2e yang terbentuk melalui NADH reduktase kemudian masuk ke Koenzim Q. Pada proses ini terjadi pengikatan anatara ADP+P(phospat) sehingga menjadi ATP.

2e setelah dari KoEnzim Q kemudian di transfer ke Sitokrom b kemudian di teruskan ke sitokrom c. pada tahap ini juga terjadi pengikatan antara ADP + P menjadi ATP.

2e dari sitokrom c kemudian akan di transfer ke sitokrom oksidase. Dari sitokrom oksidase kemudian 2e akan di transfer ke ½ O2 yang kemudian berikatan dengan 2H+ sehingga membentuk H20. Pada proses ini akan terjadi pengikatan ATP+P sehingga akan terbentuk ATP.

Ternyata oksigen yang kita hirup di gunakan di dalam sel saat memasuki rantai transport elektron yang digunakan sebagai penerima elektron terakhir. Paham kan sekarang dimana oksigen di gunakan serta kenapa pada saat kita mengeluarkan nafas di pagi hari kadang akan timbul uap air(H2O)?

Jadi dari 1 molekul NADH yang di gunakan pada rantai transport elektron akan di hasilkan 3ATP, dari mana ini kenapa bisa di hasilkan 3 ATP dalam pengubahan NADH di rantai transport elektron? Coba di hitung jumlah ATP yang di hasilkan tadi pada rantai transport elektron, ada 3 ATP kan, itulah kenapa pengubahan 1 molekul NADH akan membentuk 3 molekul ATP pada proses rantai transport electron.

Ini baru proses NADH, bagaimana dengan FADH2, proses nya samdengan NADH tadi, namun FADH 2 masuk melalui koenzim Q bukan melalui NADH reduktase. Sehingga jumlah ATP yang dihasilkan pada tahap ini adalah satu molekul FADH2 akan di ubah menjadi 2 molekul ATP.

Sekarang mari kita hitung jumlah ATP yang dihasilkan dari rantai transport elekton tadi
Tahap
NADH
FADH2
Glikolisis
2

Dekarboksilasi Oksidatif
2

Siklus Krebs
6
2
Jumlah Total
10
2
Dikalikan ATP
10 x 3 ATP
2 x 2ATP
ATP yang dihasilkan
30 ATP
4 ATP
Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/metabolisme-sel-sub-bab-katabolisme_5117.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/metabolisme-sel-sub-bab-katabolisme_5117.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon