Metabolisme Sel, Sub Bab Anabolisme Karbohidrat, SIklus Calvin, Jalur C4

Reaksi gelap/siklus calvin

Reaksi gelap merupakan kelanjutan dari reaksi terang. Setelah terbentuk ATP dan NADPH yang dihasilkan reaksi terang, maka ATP dan NADPH akan di teruskan menuju ke reaksi gelap. Reaksi gelap sendiri terjadi di bagian kloroplas yang dinamakan stroma. Reaksi gelap tidak membutuhkan cahaya matahari untuk prosesnya.
siklus calvin
Siklus calvin Benson/Reaksi Gelap
Reaksi gelap di awali dengan masuknya  6 molekul CO2 ke dalam system reaksi gelap dimana terjadi fiksasi CO2 oleh 6 molekul ribulosa bipohospat(RuBp) yang berkarbon 5. Saat terjadi fiksasi maka RuBp akan di ubah menjadi 6 molekul karbon labil yang berkarbon 6. Selanjutnya karbon labil ini akan di ubah menjadi 12 molekul phospogliseral(PGA )yang berkarbon 3.

PGA kemudian akan di ubah menjadi 12 phospogliseraldehid yang berkarbon 3. Dalam proses pengubahan ini diperlukan 12 ATP dan 12 NADPH yang di dapatkan dari reaksi terang. 12 ATP kemudian melepaskan Phospat yang kemudian di tangkap oleh PGA sehingga berubah menjadi PGAL. Pelepasan phospat oleh ATP menyebabkan 12 ATP berubah menjadi 12 ADP. Begitu juga dengan 12 NADPH yang melepaskan ion hidrogennya akan berubah menjadi menjadi NADP+.
12 PGAL yang terbentuk kemudian akan dibagi menjadi dua bagian penting. Sebanyak 2 molekul PGAL akan di ubah menjadi 1 molekul glukosa sedangkan 10 PGAL lainnya akan di ubah menjadi 6 molekul RuBp lagi.

Pengubahan 10 PGAL menjadi 6 RuBp membutuhkan ATP sebanyak 6 molekul yang nantinya ATP akan melepaskan Phospatnya sehingga menjadi 6 ADP. Reaksi ini terus berlangsung membentuk sebuah siklus yang dinamakan dengan reaksi gelap/siklus calvin.

Jalur C4

Beberapa tumbuhan sebelum memasuki siklus calvin ada yang dinamakan reaksi persiapan yang dinamakan jalur C4. Contoh tumbuhan yang melakukan jalur C4 adalah tumbuhan yang memiliki sel seludang pada tanaman jagung, tebu, dan padi.
jalur c4
Jalur C4 melalui sel seludang
Pada awal reaksi , CO2 yang pada siklus calvin terjadi fiksasi oleh RuBp, pada jalur C4 CO2 di fiksasi oleh PEP(fosfoenol piruvat) yang berkarbob 3.hasil dari fiksasi ini mengakibatkan PEP berubah menjadi oksaloasetat yang berkarbon 4. Pada proses fiksasi ini dibantu enzim PEP karboksilase.

Oksaloasetat kemudian akan diubah menjadi asam malat yang berkarbon 4. Proses fiksasi ini sampai tahapan pengubahan menjadi asam malat berlangsung di sel mesofil. Asam malat kemudian berdifusi ke sel seludang dimanat terjadi pelepasan CO2 oleh asam malat sehingga terbentuk asam piruvat.
CO2 yang tebentuk kemudian akan masuk ke siklus calvin/reaksi gelap melalui tahapan fiksasi CO2 oleh RuBp. Sedangkan asam piruvat yang terbentuk akan berdifusi lagi ke sel mesofil dimana asam piruvat akan diubah kembali menjadi fosfoenolpiruvat oleh bantuan ATP.

Baca Juga
Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/metabolisme-sel-sub-bab-anabolisme_3.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/metabolisme-sel-sub-bab-anabolisme_3.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon