Genetika, Sub Bab Pautan Kelamin

Pautan Kelamin

Pautan kelamin/sex linkage adalah gen-gen yang terangkai pada kromosom kelamin/kromosom seks. Pautan kelamin ada dua jenis yaitu pautan X dan pautan Y. pautan X adalah gen-gen yang hanya terpaut pada kromosom X, sedangkan pautan Y adalah gen-gen yang hanya terpaut pada kromosom Y. Beberapa jenis penyakit keturunan yang terpaut oleh kromosom X antara lain 

1. Buta Warna

Buta warna merupakan kelainan pada mata dimana tidak bisa membedakan warna secara normal. Buta warna memiliki dua tipe yaitu buta warna total dan buta warna sebagian. buta warna total(akromatopsia/monokromatis) yang disebabkan oleh gen resesif yang terdapat pada bagian kromosom X maupu Y. seseorang yang mengalami buta warna total maka tidak bisa membedakan warna. Yang terlihat hanya warna abu-abu/putih-hitam saja.

Buta warna sebagian(dikromatisme) merupakan kelainan pada mata dimana tidak bisa membedakan antara warna merah dan hijau, atau biru dan kuning. Buta warna sebagian disebabkan oleh gen resesif terpaut kromosom X. gen yang membawa sifat buta warna adalah gen b(b kecil) sedangkan yang membawa sifat normal adalah gen B(B besar).

Berikut persilangannya
Seorang laki-laki buta warna menikah dengan seorang perempuan normal. Maka kemungkinan persentase anak yang mengalami normal carier, perempuan normal carier, laki-laki normal?
persilangan buta warna
Contoh Persilangan pada buta warna
keterangan: gen buta warna disimbolkan dengan huruf b(b kecil) dan gen normal disimbolkan dengan B(B besar). Sifat carier merupakan sifat yang membawa gen buta warna namun tidak bersifat buta warna karena ada gen dominan B yang menutupinya.


Pada fenotip yang terbentuk anak normal karier memiliki persentase sebanyak 50 %, alasan nya adalah karena yang ditanyakan adalah anak secara keseluruhan, dimana anak laki-laki maupun perempuan maka dibagi dengan 4 karena jumlah anak yang dihasilkan adalah sebanyak 4 anak, sehingga di hasilkan 50%

Lihat video pembelajaran persilangan terpaut kromosom seks, buta warna dan hemofilia

Pada fenotip yang ditanyakan perempuan normal carier, memiliki persentase 100%, apabila yang ditanyakan sudah menyangkut jenis kelamin, maka pembaginya adalah jumlah keseluruhan anak yang memiliki jenis kelamin tertentu dalam hal ini adalah jenis kelamin perempuan yang ada dua. Maka dibagi dengan dua, sehingga hasilnya adalah 100%. Hal ini juga berlaku dengan jenis kelamin laki-laki pada soal nomor tiga.

Buta warna pada manusia, untuk laki-laki tidak ada laki-laki carier, ini dikarenakan, gen b(b kecil) hanya terpaut pada kromosom X, sehingga apabila pada laki-laki kromosom X nya terdapat gen b(b kecil) maka laki-laki tersebut akan mengalami buta warna, bukan laki-laki carier.

Gigi Coklat

Gigi coklat disebabkan oleh kelainan bawaan yang disebabkan oleh gangguan pada pembentukan email pada gigi. Ketidakadaan email pada gigi, menyebabkan gigi berwarna coklat dan mudah rusak.. penyebab gigi coklat adalah gen dominan B( B besar) yang menyebabkan gigi coklat.

Jadi gigi coklat disebabkan oleh gen dominan B(B besar), sedangkan untuk gen resesif b(b kecil) pembawa sifat gigi normal.
Contoh: seseorang perempuan carier menikah dengan seorang laki-laki yang memiliki gigi coklat, maka berapa persentase anak laki-laki normal, anak carier, dan anak perempuan gigi coklat?
persilangan gigi coklat
Contoh Persilangan pada Gigi Coklat
Keterangan: pada persilangan gigi coklat tersebut XBXb tidak menghasilkan fenotip carier, melainkan gigi coklat, karena gen yang menyebabkan gigi coklat adalah gen dominan B(B besar) sehingga menghasilkan gigi coklat karena sifat gigi normal b(b kecil) tertutupi oleh sifat gigi coklat B(B besar) yang dominan. 

Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit keturunan dimana darah sukar membeku pada waktu kulit tergores sehingga darah keluar terus menerus. Kelainan ini disebabkan oleh abnormalnya trombosit/keeping darah yang merupakan pembeku darah dengan membentuk benang-benang fibrin pada saat terjadi luka.

Hemofilia disebabkan oleh gen resesif h(h kecil). Hemophilia pertama kali diteliti pada saat terjadi kecelakaan yang dialami oleh pangeran alfonso dari spayol akibat kecelakaan. Hemofilia ada dua macam yaitu
  • Hemofilia A, penyebabnya adalah tubuh tidak bisa membentuk factor VIII atau FAH( faktor anti hemofiia).
  • Hemofilia B, penyebabnya adalah karena tubuh tidak mampu membentuk faktor IX yaitu komponen tromboplastin.
Contoh: seorang perempuan yang mengalami carier hemophilia menikah dengan laki-laki hemofilia, maka berapa persen anak yang normal, laki-laki hemofilia, dan perempuan normal.
persilangan hemofilia
Contoh persilangan pada hemofilia

Baca Juga:

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/genetika-sub-bab-pautan-kelamin.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/genetika-sub-bab-pautan-kelamin.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon