Ini Dia Webcam Mikroskop Yang Murah Meriah

microcam
Microcam
Mikroskop mungkin bagi sebagian orang yang bergerak dibidang science sudah tidak asing lagi mulai dari mikroskop monokuler sampai dengan mikroskop electron. Untuk mikroskop electron penulis tidak akan singgung karena yang pasti harga dan cara pembuatannya sangatlah sulit.
Sayatan melintang daun Roediscolor Perbesaran lensa objektif 100x + digital zooming
Sayatan melintang daun Roediscolor
Perbesaran lensa objektif 100x + digital zooming
Yang akan dibahas oleh penulis disini adalah mengenai mikroskop yang sering dijumpai di sekolah-sekolah maupun universitas baik mikroskop cahaya maupun mikroskop yang memakai penerang lampu, baik mikroskop monokuler maupun mikroskop binokuler.

Saya masih teringat betul waktu kuliah di jurusan biologi prodi pendidikan biologi sewaktu paraktikum Fisiologi Hewan, Mikrobiologi, Fisiologi Tumbuhan, Anatomi tumbuhan, dan masih banyak lagi yang ada hubungannya dengan mikroskop.
Pembuluh Vena perbesaran lensa objektif 40x
Pembuluh Vena perbesaran lensa objektif 40x
Kesulitan yang kami hadapi adalah sulitnya kami mendapatkan sebuah gambar dari objek yang kita amati untuk di transfer kedalam bentuk image. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kamera poket, Handphone yang sangat sulit untuk bias mendapatkan objek dibawah mikroskop sampai titik fokusnya.

Dari situlah terbersit untuk mencoba untuk membuat sebuah hardware yang di pasang ke mikroskop untuk dapat menangkap gambar dibawah mikroskop yang dapat kita lihat samapi ketitik focus dari objek yang diamati.
Testis Mamalia perbesaran 40 x lensa objektif
Testis Mamalia perbesaran 40 x lensa objektif
Selain karena itu, sekolah saya baru saja menadapatkan mikroskop digital yang harganya jutaan rupiah +plusmikroskop binokulernya. Akhirnya saya mendapatkan ide untuk bisa membuat sebuah mikroskop digital yang murah meriah tidak sampai menghabiskan dana sampai dua ratus ribu rupiah. Setelah saya bongkar sedikit perangkat dari mikroskop digital yang ada disekolah, ternyata prinsip kerjanya sama persis dengan kamera-kamera yang ada di pasaran seperti halnya kamera poket.
kiri: zooming digital resolusi 2000 x 1500 px
Kanan: perbearan 40x lensa objektif 640 x 480 px
Nah salah satu yang sama persis cara kerjanya adalah webcam, ya dengan alat ini kita bias mengintegrasikan antara webcam yang seharga 75ribu dipasaran dengan sebuah mikroskop monokuler ataupun binokuler, tinggal kita modifikasi sedikit webcamnya supaya sesuai dengan kebutuhan yang kita harapkan, bagaimana cara pembuatan dan merangkainya, untuk saat ini masih belum bias saya share karena masih dalam tahap pembuatan, penulis akan share selengkap-lengkapnya setelah webcam mikroskop sudah selesai dibuat  dan berjalan dengan semestinya.

capture video
Satu lagi yang jangan sampai lupa adalah software seperti webcam max, many cam, dll yang mampu menangkap gambar di mikroskop, selain itu penulis juga akan mencoba menshare supaya webcam mikroskop ini mampu digunakan pada malam hari tanpa menggunakan penerang cahaya matahari.

Lihat video cara pembuatan 
 

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2013/04/mikroskop-mungkin-bagi-sebagian-orang.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2013/04/mikroskop-mungkin-bagi-sebagian-orang.html
First

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon