Pembahasan Soal UN Biologi 2019 Nomor 08 (Keseimbangan Lingkungan)

8. Hutan di kawasan puncak banyak ditebangi untuk diubah menjadi lahan pemukiman.
  1. kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tidak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan.
  2. Terjadi banjir besar di wilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air.
  3. Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan pemukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon-pohon yang dapat mengikat partikel tanah.
  4. Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan.
  5. Peningkatan suhu udara akibat pohon-pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang.
  6. Mengurangi risiko penularan penyakit karena nyamuk, di hutan banyak nyamuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Manakah yang merupakan dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut?


a. (1), (2), dan (3).
b. (1), (5), dan (6).
c. (2), (3), dan (5).
d. (3), (5), dan (6).
e. (4), (5), dan (6).

Pembahasan

Pertanyaan dari pernyataan yang disediakan adalah dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan

(1) kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tidak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan

Pernyataan salah: fungsi hutan sangat penting bagi lingkungan terutama sebagai penjaga keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati, selain itu dengan penebangan pohon-pohon di hutan untuk dijadikan areal pemukiman maka tanah akan kesulitan untuk menyimpan cadangan air

(2) Terjadi banjir besar di wilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air.

Pernyataan benar: Pengalihfungsian hutan menjadi pemukiman akan berdampak pada jumlah tumbuhan yang berupa pohon besar akan sangat berkurang sehingga sulit untuk menyimpan jumlah air yang besar dari hujan yang turun, akibatnya air akan langsung menuju areal bawah dari hutan yang dijadikan pemukiman yang berakibat terjadinya banjir.

(3) Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan pemukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon-pohon yang dapat mengikat partikel tanah.

Pernyataan benar: Hutan yang dirubah menjadi pemukiman berakibat pada pohon habis di tebang, dengan ditebangnya pohon-pohon tersebut tidak ada yang menahan tanah dari tempatnya karena jumlah akar pohon sebagai penopang tanah agar tidak terjadi longsor tidak ada. Akibatnya tanah longsor akan sangat mudah terjadi.

(4) Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan.

Pernyataan salah: Jumlah villa yang meningkat memang akan menguntungkan dari segi ekonomi daerah puncak. Namun meskipun ditata dengan baik tetap akan memberikan dampakn buruk bagi lingkungan dikarenakan bisa mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor, dan hilangnya sejumlah besar hewan dan tumbuhan akibat dari penebangan hutan dan pengalihfungsian hutan menjadi villa.

(5) Peningkatan suhu udara akibat pohon-pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang.

Pernyaan benar: Peningkatan suhu tidak akan bisa dihindari lagi akibat dari penebangan pohon di hutan. Kandungan oksigen akan semakin menurun karena tumbuhan merupakan sumber utama penghasil oksigen dari proses fotosintesis. Selain itu jumlah gas karbondioksida akan meningkat drastis karena tidak ada proses fotosintesis tumbuhan yang berakibat terjadinya efek rumah kaca yaitu peningkatan suhu bumi.

(6) Mengurangi risiko penularan penyakit karena nyamuk, di hutan banyak nyamuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Pernyataan salah: Hutan memang memiliki jumlah nyamuk yang banyak, tapi hanya beberapa jenis nyamuk yang menjadi inang beberapa penyakit seperti penyakit DB, cikungunya, dan malaria. Namun dengan menerapkan hidup bersih bagi masyarakat disekitar hutan dapat menghindari terjangkitnya penyakit tersebut. Selain itu hewan di hutan juga sangat banyak yang bisa menjadi tempat mencari makan nyamuk.

Jawaban yang benar adalah C. (2), (3), dan (5).

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Soal UN Biologi 2019 Nomor 08 (Keseimbangan Lingkungan)"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel