Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Manusia

Faktor internal

Faktor internal atau faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan bersumber dari dalam hewan dan manusia itu sendiri, antara lain sebagai berikut:

1. Gen 

Gen memengaruhi ciri-ciri dan sifat makhluk hidup. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup sehingga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.


2. Hormon pertumbuhan pada hewan:

A. Hormon Tiroksin 
Merangsang dimulainya proses metamorfosis pada katak.

B. Hormon Somatomedin
Hormon yang merangsang pertumbuhan dan pembelahan sel, terutama sel-sel tulang.

C. Hormon Ekdison dan juvenil
Hormon pada serangga yang mengatur proses metamorfosis. Hormon ekdisonson berfungsi mengatur proses pergantian kulit (ekdidsis). Hormon juvenil berperan menghambat proses metamorfosis saat hewan mencapai usia dewasa.

3. Hormon pertumbuhan pada manusia:

A. Hormon Tiroksin 
Memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh melalui pengaturan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

B. Growth hormone (GH)
Memengaruhi kecepatan pertumbuhan seseorang.

C. Hormon Testosteron
Mengatur perkembangan organ-organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda atau ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki.

D. Hormon Esterogen dan progesteron
Kedua hormon ini berfungsi mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan.

Faktor eksternal

Faktor eksternal atau faktor luar merupakan segala sesuatu yang memengaruhi pertumbuhan dan sumbernya berasal dari lingkungan. Faktor eksternal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia antara lain sebagi berikut:

1. Nutrisi/ makanan Maknan/nutrisi 
Merupakan sumber energi maupun sumber material yang digunakan untuk aktivitas, pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup. Kandungan nutrisi yang diperlukan manusia dan hewan dari makanan antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kualitas dan kuantitas makanan akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

2. Sinar matahari
Sinar matahari diperlukan dalam pengubahan provitamin D menjadi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan.

3. Suhu
Semua makhluk hidup memerlukan suhu yang optimum untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Jika manusia dan hewan berada pada suhu yang tidak optimum, terlalu panas atau terlalu dingin, sebagian energi digunakan untuk adaptasi lingkungan sehingga pertumbuhan terganggu.

4. Air
Makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air karena air merupakan bahan utama reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

5. kelembapan
Kelembapan adalah banyaknya kandungan uap air dalam udara atau tanah. Kondisi kelmbapan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi akan menyebabkan sebagian energi digunkan untuk adaptasi sehingga energi yang seharusnya digukanan untuk pertumbuhan menjadi berkurang.


Referensi
Campbell, Neil A., Jane B Reece, Lisa A. Urry, Michael L. Cain, Steven A. Wasserman, Peter V. Minorsky, & Robert B. Jackson. 2012. BIOLOGI edisi kedelapan Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Campbell, Neil A., Jane B Reece, Lisa A. Urry, Michael L. Cain, Steven A. Wasserman, Peter V. Minorsky, & Robert B. Jackson. 2012. BIOLOGI edisi kedelapan Jilid 3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Campbell, Neil A., Jane B Reece, Lisa A. Urry, Michael L. Cain, Steven A. Wasserman, Peter V. Minorsky, & Robert B. Jackson. 2017. BIOLOGY eleventh edition. New York: Pearson Education, Inc.

Irnaningtyas. 2018. Biologi SMA kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pratiwi, D.A., Sri Maryati, Srikini, Suharno, & Bambang S. 2012. Biologi SMA kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pujiyanto, Sri & Rejeki Siti Fatimah. 2016. Menjelajah Dunia Biologi keas XII SMA. Solo: Tiga Serangkai.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Manusia"

Posting Komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel