Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rafflesia arnoldi merupakan tanaman yang berasal dari daerah…

Rafflesia arnoldi merupakan tanaman yang berasal dari daerah…
a. Riau
b. Bengkulu
c. Pangandaran
d. Nusa Kambangan
e. Aceh

Jawaban: b. Bengkulu


Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu.

Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti yang dikenali oleh Meijer 1997), semua spesiesnya ditemukan di Asia Tenggara, di semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.

Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu


Habitat bunga raflesia arnoldi paling pertama ditemukan di Bengkulu, Jambi dan sumatra selatan. Selain itu raflesia arnoldi juga banyak ditemukan didaerah hutan pegunungan bawah Jawa Barat, hutan dataran rendah di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah hutan. (brainly.co.id)

Posting Komentar untuk "Rafflesia arnoldi merupakan tanaman yang berasal dari daerah…"