Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Garis khayal yang dibuat oleh weber menambah satu wilayah persebaran fauna indonesia selain australia dan orietal. contoh fauna yang berada dalam wilayah yang di klasifikasikan oleh weber yaitu…

Garis khayal yang dibuat oleh weber menambah satu wilayah persebaran fauna indonesia selain australia dan orietal. contoh fauna yang berada dalam wilayah yang di klasifikasikan oleh weber yaitu…
a. anoa, rangkong, maleo
b. kasuari, kanguru, koala
c. kerbau, gajah, bekatan
d. komodo, babi rusa, kuskus
e. badak, kanguru pohon, musang

Jawaban: d. komodo, babi rusa, kuskus



Garis Weber:
Garis Weber adalah garis imajiner yang membatasi wilayah flora dan fauna di Indonesia bagian tengah (pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara) dengan Indonesia bagian timur (pulau Papua dan kepulauan Maluku). Garis ini melewati Laut Maluku, Laut Banda  dan Laut Arafura.

Di sebelah Garis Weber barat garis ini, di Indonesia bagian tengah, flora dan fauna bersifat peralihan. Di sini banyak binatang endemik seperti komodo, burung maleo dan babri rusa.

Sementara di timur Garis Weber, di Indonesia bagian timur, flora dan fauna dipengaruhi benua Australia. Di sini banyak binatang marsupalia (mamalia berkantong)  seperti kaqnguru poho dan monotremata (mamalia bertelur) seperti echidna. 

Garis Wallace:
Garis Wallace adalah garis imajiner yang membatasi wilayah flora dan fauna di Indonesia bagian barat (Sumatera, Jawa dan Kalimantan) dengan Indonesia bagian tengah (pulau Sulawesi dan kepulauan Nusa Tenggara). Garis ini melewati Laut Sulawesi, Selat Makassar  dan Selat Lombok.

Di barat Garis Wallace, di Indonesia bagian barat, flora dan fauna dipengaruhi benua Asia. Di sini banyak binatang mamalia besar seperti gajah, badak, harimau dan kera besar


sumber: Brainly.co.id

Posting Komentar untuk "Garis khayal yang dibuat oleh weber menambah satu wilayah persebaran fauna indonesia selain australia dan orietal. contoh fauna yang berada dalam wilayah yang di klasifikasikan oleh weber yaitu…"