Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kelenjar Getah Bening (Pembuluh Limfe) Pada Manusia

Limfa disebut juga getah bening, merupakan cairan tubuh yang tak kalah penting dari darah. Ada beberapa perbedaan antara limfa dengan darah. Cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan yang disebabkan karena adanya kandungan lemak dari usus.

Jika darah tersusun dari banyak sel-sel darah, maka pada limfa hanya terdapat satu macam sel darah, yaitu limfosit, yang merupakan bagian dari sel darah putih. Limfosit inilah yang akan menyusun sistem imunitas pada tubuh, karena dapat menghasilkan antibodi.
Pengertian, Fungsi dan Pembagian Pembuluh Limfa Pada Manusia
Pengertian, Fungsi dan Pembagian Pembuluh Limfa Pada Manusia

Cairan limfa juga memiliki kandungan protein seperti pada plasma darah, namun pada limfa ini kandungan proteinnya lebih sedikit dan mengandung lemak yang dihasilkan oleh usus. Perbedaan lain juga terlihat pada pembuluh limfa.

Berbeda dengan pembuluh darah, pembuluh limfa ini memiliki katup yang lebih banyak dengan struktur seperti vena kecil dan bercabang-cabang halus dengan bagian ujung terbuka. Dari bagian yang terbuka inilah cairan jaringan tubuh dapat masuk ke dalam pembuluh limfa.

Pembuluh limfa mempunyai fungsi seperti berikut.

  1. Mengangkut cairan dan protein dari jaringan tubuh ke dalam darah. 2. Menghancurkan kuman penyakit.
  2. Menghasilkan zat antibodi.
  3. Mengangkut emulsi lemak dari usus ke dalam darah.

Pembagian pembuluh limfa

1. Duktus Limfatikus Dekster (Pembuluh Limfa Kanan)

Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kanan. Pembuluh limfe kanan merupakan tempat muara dari semua cairan limfe yang berasal dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, dan lengan kanan.

2. Duktus Toraksikus (Pembuluh Limfa Dada)

Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kiri. Pembuluh ini merupakan tempat muara pembuluh lemak dari usus. Pembuluh limfe ini juga mengumpulkan cairan limfe yang berasal dari bagian lain selain yang disebutkan di atas.
Pengertian, Fungsi dan Pembagian Pembuluh Limfa Pada Manusia
Pengertian, Fungsi dan Pembagian Pembuluh Limfa Pada Manusia
Peredaran limfe dimulai dari seluruh tubuh dan ber- akhir di pembuluh balik. Pada tempat-tempat pertemuan pembuluh limfe terdapat ke- lenjar limfa. Kelenjar ini menghasilkan zat antibodi yang disebut limfosit, ber- fungsi untuk membasmi bibit penyakit. Kelenjar limfa yang terdapat dalam tubuh ma- nusia, antara lain terdapat pada ketiak, leher, paha, lipa- tan siku, tonsil, amandel, ade- noid.

Posting Komentar untuk "Fungsi Kelenjar Getah Bening (Pembuluh Limfe) Pada Manusia"