Klasifikasi Giraffa camelopardalis

Share:

Klasifikasi Ilmiah Giraffa camelopardalis

Filum                     : Chordata
Kelas                     : Mammalia
Order                     : Artiodactyla
Keluarga                : Giraffidae
Genus                    : Giraffa
Nama Ilmiah          : Giraffa Camelopardalis

Deskripsi Giraffa camelopardalis

Jerapah (Giraffa Camelopardalis) adalah mamalia berleher panjang ditemukan di hutan padang rumput terbuka sub-Sahara Afrika. Jerapah adalah mamalia yang tertinggi yang masih hidup di dunia ini. Ada sembilan sub-spesies jerapah yang ditemukan di lokasi yang berbeda secara geografis dan masing-masing berbeda dalam warna dan pola sesuai tempat asal mereka.
Klasifikasi Giraffa camelopardalis
Klasifikasi Giraffa camelopardalis
Jerapah ditemukan di sub-Sahara Afrika dan di beberapa bagian Afrika Utara. Di Afrika Tengah sendiri, keberadaan Jerapah terisolir ke hanya beberapa wilayah kecil saja. Namun, populasi jerapah secara keseluruhan dianggap stabil dan bahkan berkembang di beberapa daerah karena peningkatan permintaan jerapah di peternakan pribadi.


Jerapah memiliki leher sangat panjang yang memungkinkan untuk mengeksploitasi daun dan vegetasi yang tinggi. Meskipun panjang, leher jerapah sebenarnya terdiri dari struktur tulang dengan jumlah yang sama dengan mamalia berkuku lainnya tetapi hanya bentuknya saja yang berbeda. Jerapah memiliki leher panjang, kaki tipis panjang, dan ekor panjang yang memiliki bulu di bagian ujung yang berguna untuk mengusir lalat.

Jerapah cenderung berwarna putih dengan pola berwarna coklat atau kemerahan mentupi seluruh tubuhnya (terkecuali kaki bagian bawah). Pola dari setiap jerapah tidak hanya unik tapi juga beragam dari segi bentuk, ukuran, dan jumlah dan pola tersebut berbeda setiap jerapah.

Dengan mata yang besar serta tinggi badan mereka, membuat jerapah memiliki daya penglihatan yang cukup baik. Jerapah juga memiliki tanduk kecil yang disebut ossicones di atas kepala mereka. Jerapah menghuni hutan terbuka dan savana di mana mereka dapat menggunakan tinggi badan merekauntuk dapat melihat bahaya dari jarak yang jauh.

Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link