Home Top Ad

Perkembangan Ilmu Biologi dari Masa ke Masa

Share:
Ilmu biologi merupakan ilmu alam yang tidak hanya melingkupi makhluk hidup saja namun juga melingkupi habitatnya. Dari masa ke masa perkembangan ilmu biologi terus menerus berkembang dan semakin mengungkap kehidupan di bumi, semakin hari semakin maju teknologi yang digunakan untuk mengungkap misteri makhluk hidup sampai tingkat gen pada makhluk hidup.

Ilmu biologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini di tandai dengan munculnya berbagai macam cabang biologi baru . perkembangan bilogi ini jika di manfaatkan dengan baik dan untuk tujuan kesejahteraaan manusia akan memberikan manfaat yang begitu besar. berikut ini beberapa manfaat perkembangan ilmu biologi.

1. Bidang pertanian

Berbagai macam penemuan jenis gen yang bersifat unggul yang menjadi solusi dalam budidaya tanaman sehingga ada alternatif mendapatkan bahan makanan pokok untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

2. Bidang kesehatan

Bisa memahami berbagai macam struktur tubuh manusia, anatomi, kondisi abnormal dalam tubuh, menemukan berbagai macam, vaksin dan masih banyak yang lainnya.

3. Bidang pengaturan makanan

Ditemukan jenis makanan yang tepat untuk penderita diabetes dengan ukuran yang sehat dan program diet ketat yang sehat.

4. Bidang kuliner

Bisa memanfaatkan bahan protein nabati dan hewani sebagai bahan masakan dan bumbu untuk penyedap rasa.

5. Bidang obat herbal

Ditemukan berbagai macam obat herbal dari bahanan yang sepele namun manfaatnya sangat besar.

6. Bidang kedokteran

Dengan biologi bisa mengetahui cara untuk transplatasi organ tubuh, implatansi bayi tabung, mengatasi penyakit kanker dan lain-lain.

7. Bidang farmasi

Ditemukan jenis obat yang sangat dibutuhkan oleh manusia, membantu dalam pemahaman reaksi manusia atas bahan kimia yang ada pada obat dan dapat membuka jalan dalam memproduksi senyawa antibiotik dan insulin.

8. Bidang peternakan

Munculkan berbagai macam variasi unggul dalam dunia peternakan, kawin silang, inseminasi buatan untuk sapi dan lain-lain.

Asal mula biologi

Aristoteles dan biologi

Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles, ilmuwan berkebangsaan Yunani. Dalam terminologi Aristoteles, “filosofi alam” adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakupi bidang yang kini disebut sebagai fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya.

Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam di pulau Lesbos. Hasil penelitiannya, termasuk Sejarah Hewan, Generasi Hewan, dan Bagian Hewan, berisi beberapa observasi dan interpretasi, dan juga terdapat mitos dan kesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup yang ia sebut Selachē (selachians).

Didirikannya biologi modern

Istilah biologi dalam pengertian modern kelihatannya diperkenalkan secara terpisah oleh Gottfried Reinhold Treviranus (Biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802) dan Jean-Baptiste Lamarck (Hydrogéologie, 1802). Namun, istilah biologi sebenarnya telah dipakai pada 1800 oleh Karl Friedrich Burdach. Bahkan, sebelumnya, istilah itu juga telah muncul dalam judul buku Michael Christoph Hanov jilid ke-3 yang terbit pada 1766, yaitu Philosophiae Naturalis Sive Physicae Dogmaticae: Geologia, Biologia, Phytologia Generais et Dendrologia.

Daftar ilmu-ilmu hayati

Pada masa kini, biologi mencakup bidang akademik yang sangat luas, bersentuhan dengan bidang-bidang sains yang lain, dan sering kali dipandang sebagai ilmu yang mandiri. Namun, pencabangan biologi selalu mengikuti tiga dimensi yang saling tegak lurus: keanekaragaman (berdasarkan kelompok organisme), organisasi kehidupan (taraf kajian dari sistem kehidupan), dan interaksi (hubungan antarunit kehidupan serta antara unit kehidupan dengan lingkungannya).

Pembagian Berdasarkan Kelompok Organisme

Makhluk hidup atau organisme sangat beraneka ragam. Taksonomi mempelajari bagaimana organisme dapat dikelompokkan berdasarkan kemiripan dan perbedaan yang dimiliki. Selanjutnya, berbagai kelompok itu dipelajari semua gatra kehidupannya, sehingga dikenallah ilmu biologi tumbuhan (botani), biologi hewan (zoologi), biologi serangga (entomologi), dan seterusnya.

Pembagian berdasarkan organisasi kehidupan

Kehidupan berlangsung dalam hirarki yang terorganisasi. Hirarki organisme, dari yang terkecil hingga yang terbesar yang dipelajari dalam biologi, adalah sebagai berikut:

  • sel
  • jaringan
  • organ
  • sistem organ
  • individu
  • populasi
  • komunitas atau masyarakat
  • ekosistem
  • bioma


http://anasblogger21.blogspot.co.id/2015/04/manfaat-dan-bahaya-perkembangan-biologi.html
https://thuyyullouphe.wordpress.com/2012/03/01/makalah-ilmu-alamiah-dasar-perkembangan-ilmu-biologi/







Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link