Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deskripsi, Reproduksi dan Contoh Protista Mirip Hewan Sub Bab Ciliata

Materi selanjutnya yang akan dibahas oleh biologiedukasi.com adalah materi mengenai ciri-ciri Ciliata, Pada penjelasan kali ini yang dibahas hanya seputar Ciliata, jika ingin mempelajari protista mirip hewan yang digolongkan ke dalam Flagellata dan Sporozoa bisa dibuka pada link berikut ini (Baca: Ciri-ciri Flagellata dan Sporozoa beserta contohnya)

Istilah ciliata berasal dari bahasa Latin cilia yang berarti ‘rambut kecil’. Salah satu ciri khas ciliata adalah mempunyai silia sebagai alat gerak dan untuk mencari makan. Ciliata merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler) dengan bentuk tetap atau tidak berubah.

Beberapa anggota ciliata seluruh tubuhnya ditutupi oleh barisan silia, sedangkan lainnya memiliki silia yang berkelompok. Susunan silia yang spesiļ¬k tersebut menunjukkan tingkat adapatasi terhadap lingkungannya.
Paramaecium
Ciri lain dari ciliata adalah adanya 2 inti sel, yaitu makronukleus dan mikronukleus. Makronukleus merupakan inti sel berukuran besar ber- fungsi dalam reproduksi aseksual (vegetatif ), sedangkan mikronukleus merupakan inti sel berukuran kecil diperlukan untuk bereproduksi secara seksual dengan cara konjugasi. Selain bereproduksi secara seksual, Ciliata juga bereproduksi secara aseksual dengan cara membelah diri.

Siklus hidup Paramaecium
Siklus hidup Paramaecium
Ciliata pada umumnya hidup di tempat-tempat berair. Mereka mengambil makanan dengan menyapu aliran air yang berisi partikel makanan ke dalam organel yang menyerupai mulut dan kerongkongan.
Jika ingin mempelajari materi lainya yaitu berkaitan dengan Rhizopoda bisa dibaca pada materi berikut ini( Baca: Ciri-ciri Rhizopoda dan contohnya)



Barisan silia yang berada di sepanjang celah mulut yang berbentuk corong, berfungsi untuk menggerakkan makanan ke mulut sel. Selanjutnya, makanan ditelan melalui proses fagositosis. Bahan yang tidak tercerna dalam vakuola makanan akan dikeluarkan melalui pori yang berfungsi sebagai lubang anus. Proses ini disebut sebagai eksositosis.
Deskripsi, Reproduksi dan Contoh Protista Mirip Hewan Sub Bab Ciliata
Didinum
Salah satu contoh anggota Ciliata yang terkenal adalah Paramaecium. Paramaecium merupakan anggota Ciliata yang hidup bebas, bentuk tubuhnya seperti sandal dan tu- buhnya diselubungi oleh pelikel.

Contoh anggota Ciliata yang lain adalah:

  1. Stentor, mempunyai bentuk tubuh seperti terompet.
  2. Didinium, merupakan predator Paramaecium.
  3. Vorticella, mempunyai bentuk tubuh seperti lonceng.
  4. Stylonichia, mempunyai bentuk tubuh oval dengan silia yang berkelompok disebut cirri.
Deskripsi, Reproduksi dan Contoh Protista Mirip Hewan Sub Bab Ciliata
Stentor
Deskripsi, Reproduksi dan Contoh Protista Mirip Hewan Sub Bab Ciliata
Vorticella
Stylonichia
Stylonichia

Posting Komentar untuk "Deskripsi, Reproduksi dan Contoh Protista Mirip Hewan Sub Bab Ciliata "