[Video Pembelajaran] Struktur Anatomi Mata Manusia

Share:



Bagian utama dari Mata Manusia

1. Sklera: sklera adalah bagian putih mata yang mengelilingi kornea. Hal ini terdiri dari jaringan berserat, dan memberikan perlindungan kepada bagian dalam mata. Ini adalah jaringan yang biasa disebut putih mata.

2. Kornea: Kornea adalah jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang datang dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.

3. Beranda Depan (Aqueous Humor): Ini adalah cairan transparan bening yang mengisi ruang antara kornea dan lensa mata. Ini juga memasok nutrisi dan oksigen ke bagian-bagian ini.

4. Iris: iris adalah cincin otot di bagian tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.


5. Pupil: Ini adalah sebuah lubang di tengah iris di mana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya dikontrol oleh iris.

6. Lensa Mata: Lensa mata ini terletak tepat di belakang pupil. Ini membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina. Lensa mata mampu mengubah bentuknya sehingga memungkinkan kita untuk melihat objek dekat dan jauh.

7. Otot siliari: Ini adalah jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan karena itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.

8. Humor vitreous: Bertindak sebagai pengisi dan mencakup ruang antara lensa mata dan retina. Hal ini juga memberikan perlindungan kepada lensa. Itu membuat untuk sekitar dua-pertiga dari total volume mata, dan terutama terdiri dari air.

9. Retina: Ini adalah membran bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang dapat dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sensitif terhadap cahaya yang disebut batang dan kerucut. Batang membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya redup, sedangkan kerucut membantu dalam penglihatan siang hari dan warna.

10. Saraf optik: Ini adalah bundel serat saraf yang berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan mata ke otak. Saraf optik ini membantu dalam transmisi sinyal dari retina ke pusat visual otak.

Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link