Home Top Ad

Klasifikasi Burung Hantu Punggok Coklat (Ninox scutulata)

Share:
Klasifikasi Burung Hantu Punggok Coklat (Ninox scutulata)
Kerajaan    : Animalia
Filum         : Chordata
Kelas         : Aves
Ordo          : Strigiformes
Famili        : Strigidae
Genus        : Ninox
Spesies      : Ninox scutulata
Burung Hantu Punggok Coklat (Ninox scutulata)
Burung Hantu Punggok Coklat (Ninox scutulata)

Deskripsi

Punggok Coklat atau Brown Hawk Owl merupakan burung hantu umumnya terdapat di Kalimantan dan Sumatera. Menjadi aktif segera sebelum petang di pinggir hutan atau di lahan pertanian. Terbang mengejar capung dan serangga lain di udara, tetapi juga memakan: kepiting, kadal, katak, burung kecil dan mamalia kecil (termsduk kelelawar).

Kadang-kadang satu kelompok keluarga berburu bersama di sekitar lahan terbuka. Bersuara merdu, siulan tinggi “pung-ok”, nada kedua pendek meninggi, diulang setiap 1-2 detik. Kadang-kadang bersuara untuk waktu yang lama, terutama pada waktu subuh dan petang. Bersarang di ceruk pohon, jumlah telur 2-5 butir setiap periode berbiak.

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong sedang (30 cm). Mirip elang, berwarna gelap dan bermata besar. Ciri khasnya adalah tidak memiliki piringan muka. Tubuh bagian atas coklat tua. Tubuh bagian bawah kuning tua, bercoret coklat kemerahan secara luas.
Ninox scutulata
Ninox scutulata

Tungging, dagu, dan bintik pada pangkal paruh putih. Iris kuning terang, paruh abu-abu kebiruan dengan sera hijau, kaki kuning.



Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link