Mutasi, Sub Bab Pengertian dan Mutasi Gen

Mutasi

Mutasi merupakan peristiwa berubahnya susunan materi genetik DNA yang menyebabkan perubahan genotip dan fenotip makhluk hidup. Pada peristiwa mutasi, agen yang menyebabkan terjadinya mutasi dinamkaan dengan mutagen, sedangkan makhluk hidupnya dinamakan dengan mutan.
Mutasi

Macam-macam mutasi

1. Mutasi berdasarkan tipe sel yang mengalaminya

  • Mutasi germinal: mutasi germinal merupakan tipe mutasi yang terjadi pada sel kelamin/gamet. Pada mutasi jenis ini ada kemungkinan mutasi yang terjadi bisa diwariskan ke keturunannya
  • Mutasi somatis: merupakan tipe mutasi yang terjadi pada sel tubuh/somatis. Tipe mutasi ini tidak diwariskan ke keturunannya

2. Mutasi berdasarkan faktor kejadiannya

A. Mutasi alami

    Mutasi alami merupakan mutasi yang terjadi secara alami tanpa dapat diidentifikasi penyebabnya. Mutasi jenis ini merupakan mutasi yang jarang terjadi, dan tidak dapat diperkirakan kapan akan terjadinya. Mutagen pada mutasi alami ini bisa berupa radiasi sinar kosmis, radiasi sinar radioaktif, dan radiasi sinar ultraviolet.

    B. Mutasi Buatan/Mutasi induksi

      Mutasi buatan merupakan jenis mutasi yang sengaja dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan genotip baru. Mutasi jenis ini paling banyak dilakukan untuk kepentingan penelitian.

      3. Mutasi berdasarkan tingkatannya

      A. Mutasi gen/mutasi titik

      Mutasi gen merupakan tipe mutasi dimana teradi perubahan-perubahan pada basa nitrogen pada DNA yang terdapat didalam kromosom.

      Urutan basa nitrogen pada DNA dapat kita ibaratkan sebuah kalimat dimana setiap kata terdiri dari tiga huruf
      Fenilketouri
      normal
      Jika terjadi mutasi maka setiap kata tersebut bisa bergeser huruf-hurufnya menjadi seperti ini
      mutasi titik
      mutasi, ilustrasi
      Berdasarkan ilustrasi diatas, hanya gara-gara terjadi pergeseran basa nitrogen pada huruf A dan K bisa membuat seseorang bisa menafsirkan lain kalimat tersebut. Sama halnya dengan basa nitrogen di di dalam DNA, jika terjadi pergeseran, hilang, atau terduplikasi satu saja basa nitrogen maka keseluruhan kode genetika tersebut tidak akan bisa di baca.

      Pada pembentukan sintesis protein misalnya, dari ilustrasi diatas maka akan dihasilkan 3 jenis asam amino karena dalam pembentukan asam amino dibutuhkan 3 urutan basa nitrogen. Apabila terjadi pergeseran basa nitrogen seperti di atas.

      maka hanya akan dihasilkan dua asam amino, sedangkan A dan IA tidak bisa diterjemahkan. Karena ada pergeseran basa nitrogen, maka penterjemahan basa nitrogen juga akan berbeda yang seharusnya diterhjemahkan adalah AKU, apabila terjadi pergesaran basa maka yang diterjemahkan adalah KUD, ini berarti asam amino yang terbentuk tidak sesuai.
      mutasi gen
      Mutasi pada pembentukan asam amino glu,
      terjadi mutasi menjadi asam amino val
      Gambar diatas adalah salah satu proses sintesis protein dimana terjadi mutasi gen pada normal cell dapat dilihat protein glu dibentuk oleh mRNA GAA, karena terjadi mutasi sel(gambar bawah) akibat DNA terjadi mutasi perubahan basa nitrogen dari T(timin) menjadi A(Adenin) maka mRNA yang terbentuk adalah GUA sehingga yang seharusnya di terjemahkan ke dalam asam amino glu, ternyata diterjemahkan ke dalam asam amino Val, hal ini berakibat protein yang terbentuk tidak sesuai dengan normal cells diatas yang bisa berakibat fatal.

      4. Mutasi gen akibat kesalahan selama penggandaan DNA oleh mutagen

      Setiap DNA akan melakukan replikasi DNA disetiap sel melakukan pembelah dari satu sel menjadi dua sel, dst. Pada saat terjadi replikasi DNA maka mutagen dapat merubah susunan DNA yang terbentuk dari proses replikasi tersebut yang berarti DNA baru yang terbentuk tidak sama dengan DNA yang lama, padahal seharusnya DNA yang terbentuk memiliki kesamaan dengan DNA lama.
      mutasi DNA
      Mutasi, terjadikesalahan replikasi DNA oleh mutagen

      A. Terputusnya ikatan oksigen-fosfat

      Beberapa jenis mutagen mampu memutus ikatan oksigen dan fosfat pada rantai DNA, hal ini berakibat DNA akan terputus pada bagian tersebut, kemudian mutagen menyisipkan diri diantara ikatan tersebut sehingga yang terjadi DNA tersebut akan tersambung dengan mutagen sehingga bisa mengakibatkan mutasi.
      mutasi akibat terputusnya oksigen-fosfat
      Mutasi akibat penyisipan mutagen pada bagian oksigen-phospat yang terputus

      B. Substitusi pasangan basa nitrogen

      Substitusi pasangan basa nitrogen merupakan jenis mutasi gen dimana terjadi penggantian satu pasangan nukleotida dengan nukleotida yang lainnya. Substitusi dibedakan menjadi dua yaitu transisi dan transfersi.

      - Mutasi transisi apabila terjadi penggantian antara basa purin digantikan dengan basa purin, atau sebaliknya basa pirimidin digantikan dengan basa pirimidin yang lainnya. Masih ingatkan pasangan basa nitrogen yang benar, adenin berpasangan dengan timin(A-T), dan guanin berpasangan dengan citosin(G-C). sebagai contoh apabila terjadi mutasi transisi maka yang seharusnya A-T, maka jadinya A-G(basa purin-basa purin).

      - Mutasi transfersi terjadi apabila basa purin digantikan dengan basa pirimidin, atau basa pirimidin digantikan dengan basa purin. Sebagai contoh apabila terjadi mutasi transfersi yang seharusya C-G maka jadinya C-A(basa pirimidin-basa purin).

      C. Perubahan jumlah basa nitrogen

      Mutasi yang diakibatkan oleh perubahan basa nitrogen dikarenakan jumlah basa nitrogen yang terdapat pada DNA berubah jumlahnya, bisa bertambah basa nitrogennya, bisa berkurang basa nitrogennya. Peristiwa mutasi ini dibedakan menjadi tiga yaitu adisi, insersi, dan delesi.

      Adisi tejadi jika terjadi penambahan basa nitrogen pada ujung DNA, sebagai contoh
      Contoh mutasi Adisi
      Insersi terjadi apabila terjadi penambahan basa nitrogen dibagian tengan DNA, sebagai contoh
      Contoh mutasi insersi
      Mutasi delesi terjadi jika terjadi pengurangan satu atau lebih basa nitrogen, sebagai contoh
      Sontoh mutasi delesi

      D. Perubahan letak urutan basa nitrogen

      Kerusakan DNA juga bisa disebabkan oleh perubahan letak urutan basa nitrogen. Sebagai contoh
      perubahan urutan basa nitrogen

      Lihat video pembelajaran mengenai mutasi gen, klik disini


      Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/mutasi-sub-bab-pengertian-dan-mutasi-gen.html
      Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/07/mutasi-sub-bab-pengertian-dan-mutasi-gen.html
      Previous
      Next Post »

      mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon