Tahapan Reaksi Glikolisis Lengkap

Setelah kita mempelajari tentang enzim yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam metabolisme, maka kita akan memasuki proses metabolisme yaitu seluruh rangkaian reaksi kimia yang terjadi di dalam sel.

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai katabolisme. Katabolisme merupakan rangkaian reaksi kimia yang digunakan untuk mengubah molekul yang kompleks enjadi molekul yang lebih sederhana. Katabolisme tergolong ke dalam reaksi eksoterm dikarenakan katabolisme membebaskan energy yang ada di dalamnya.
Metabolisme sel, rangkaian tahapan metabolisme
mulai dari glikolisis, siklus kreb, dan rantai transport elektron 
Contoh dalam katabolisme adalah respirasi sel. Pada pembahasan katabolisme akan di fokuskan pada respirasi sel. Respirasi sendiri ada dua jenis yanitu respirasi aerob(butuh oksigen) dan respirasi anaerob(tidak membutuhkan oksigen).

1. Respirasi aerob

Respirasi aerob merupakan respirasi yang membutuhkan oksigen untuk proses katabolisme aerob. Respirasi aerob memiliki beberapa tahapan yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, dan rantai transport electron. Dalam pembahasan respirasi aerob yag perlu diperhatikan adalah membutuhkan apa, tempat terjadinya dimana, dan hasilnya apa. Ini yang sering sekali keluar di ujian nasional

A. Glikolisis

Glikolisis merupakan proses pemecahan 1 molekul glukosa menjadi 2 molekul asam piruvat. Reaksi glikolisi terjadi di dalam sitoplasma sel. Yang perlu di cermati di sini adalah ATP(adenosine triposphat), ADP(adenosine diposphat), NAD, dan NADH.

Apa yang perlu diperhatikan disini yaitu jumlahnya berapa, terjadi di pengubahan apa menjadi apa. Langsung saja berikut saya berikan gambar dari glikolisis berikut ini.
Tanapan Glikolisis
Tanapan Glikolisis 
Jangan bingung dengan skema tersebut. Apabila ada anak panah ke bawah berarti terjadi pengubahan dari a menjadi b. sebagai contoh
Glukosaà --> glukosa 6-phospat, ini berarti terjadi pengubahan dari glukosa menjadi glukosa 6-phospat.
Apabila terdapat anak panah keluar seperti ATP --> ADP, maka terjadi pengubahan dari ATP menjadi ADP. ATP memiliki 3 phosat(adenosinTRIphospat) di ubah menjadi ADP(adenosinDIphospat) yang hanya memiliki dua phospat.
Berarti disini terjadi pelepasan 1 phospat oleh ATP sehingga berubah menjadi ADP. Paham kan.....
Sebagai contoh lainnya pengubahan ATP menjadi ADP pada tahap pertama yaitu  pada pengubahan glukosa menjadi glukosa 6-phospat  maka 1 phospat yang dilepas oleh ATP tersebut akan diterima oleh glukosa sehingga berubah menjadi glukosa 6-phospat.

Dari tahapan glikolisis tersebut akan ada input(masukan) dan output(keluaran/hasil) dari glikolisis. Berikut tabelnya

Input/ membutuhkan

1 glukosa 
2 ATP
2 ADP
2 ADP
2 NAD+ 

Output/hasil 

2 NADH
2 asam piruvat 
4 ATP(bersih 2 ATP)

Penjelasan mengenai output dan input tersebut adalah sebagai berikut

Coba lihat gambar struktur skema dari tahapan glikolisis tersebut, kemudia hitung jumlah glukosa, NAD+. ATP, dan ADP yang ada maka akan di dapatkan jumlah yang sesui dengan tabel tersebut.
Kenapa di dalam tabel input maupun output terdapat ATP dan ADP, itu dikarenakan pada tahap awal(lihat gambar) dari pengubahan menjadi fruktosa 1,6-biphospat dibutuhkan ATP sebanyak 2 ATP, sedangkan mulai dari pengubahan gliseraldehid 3-phospat sampai asam piruvat dihasilkan 4 ATP. Sudah jelaskan sekarang kan....

Pada output/hasil terdapat 4 ATP(bersih 2 ATP) kalau ada soal yang seperi ini maka jangan bingung menjawab 4 atau 2 ATP yang dihasilkan. Jawabnnya adalah 2 ATP, kenapa? 

4 ATP yang terbentuk, 2 ATP akan digunakan sebagai input lagi pada tahap pengubahan glukosa menjadi glukosa 6-phospat, hal ini diperlukan karena proses glikolisis akan terulang terus meneru
Previous
Next Post »

Mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon