Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Genetika, Trik Mengerjakan Persilangan Dihibrid, Cara Cepat

Persilangan dihibrid merupakan persilangan yang membutuhkan waktu lama dalam mengerjakan soalnya karena harus membuat kotak-kotak untuk mengerjakan soal persilangan dihibrid yaitu pada penentuan F2 nya. Hal ini tentu akan menyita waktu banyak untuk mengerjakan soal ini. Disamping membutuhkan waktu yang banyak, tingkat ketelitian untuk menentukan genotip dan fenotipnya juga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, maka dari soal jenis ini memiliki tingkat kesalahan mengerjakan yang tinggi jika tidak teliti dalam menyilangkannya. Berikut contoh persilangan dihibrid

Disilangkan tanaman kacang ercis biji bulat warna kuning dengan biji keriput warna hijau. Bulat dominan terhadap keriput, kuning dominan terhadap hijau. Tentukan F2 nya
persilangan dihibrid

persilangan dihibrid
Cara di atas adalah cara dalam persilangan dihibrid yang benar, sesuai dengan teori dimana yang disilangkan adalah gametnya, namun membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan soalnya.

Berikut adalah trik mengerjakan persilangan dihibrid supaya waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan lebih singkat dengan ketelitian yang lebih baik

Disilangkan mangga manis besar(MmBb) dengan mangga manis besar(MmBb). Manis dominan terhadap asam, dan besar dominan terhadap kecil. Tentukan perbandingan fenotip dari persilangan tersebut.

cara cepat, persilangan dihibrid
Persilangan dihibrid apabilang menggunakan alur yang benar maka gamet disilangkan dengan gamet, untuk trik ini bukan gamet yang disilangkan tetapi manis disilangkan dengan manis, besar disilangkan dengan besar, perhatikan garis lengkung diatas dimana Mm x Mm, dan Bb x Bb(masih ingat bukan cara melakukan persilangan monohibrid). Maka nantinya akan dihasilkan untuk persilangan Mm x Mm dihasilkan 1 MM, 2 Mm, dan 1 mm. begitu juga Bb x Bb, hasilnya 1 BB, 2 Bb, 1 bb.

Lebih Jelasnya pelajari video pembelajaran berikut ini, klik disini( Cara cepat mengerjakan persilangan dihibibrid)


Nah setelah ketemu hasilnya, maka tahap selanjutnya adalah 1MM dikalikan dengan 1 BB hasinya adalah 1MMBB, 1MM dikalikan dengan 2 Bb hasilnya 2MMBb, 1MM dikalikan dengan 1bb hasilnya 1MMbb. Hal ini juga berlaku untuk yang bawahnya sampai penggabungannya selesai.

Hasil akhirnya maka didapatkan manis besar jumlahnya 9, manis kecil jumlahnya 3, asam besar jumlahnya 3, dan asam kecil jumlahnya 1, mudah bukan.

Untuk membuktikan bahwa cara ini benar, coba buat persilangan tersebut sama persis tetapi menggunakan cara biasa yang menggunakan kotak kotak, dan bandingkan hasilnya. Sama atau tidak.

Selamat belajar

11 komentar untuk "Genetika, Trik Mengerjakan Persilangan Dihibrid, Cara Cepat"

  1. Sama-sama Mbak Brigitha... semoga membantu....

    dan terimakasih sudah mampir di www.biologiedukasi.com :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas penjelasannya, memudahkan belajarku... :)

    BalasHapus
  3. Maaf, knp saya masih bingung baik dari segi persilangan nya yg tadi sama dari teori teori nya, bisa dikasih saran nya, trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mas assegaf bingung di persilangan yang diajarkan sama gurunya mas assegaf, persilangan yang benar memang sesuai dengan yang diajarkan gurunya mas, dengan menngunakan gametnya, sebagai contoh di atas BbKk x bbKk maka memiliki gamet bK, Bk,bK, dan bk yang kemudian di silangkan menggunakan kotak 16 seperti contoh di atas. hasilnya 9:3:3:1

      namun cara tersebut akan memakan waktu lama ketika mengerjakan soal pil ganda seperti ujian nasional, dll. triknya menggunakan contoh seperti di atas, dimana gamet yang sama misalnya ada persilangan jantan MmBb x betina MmBb. maka jantanx betina langsung tetapi Mm x Mm , dan Bb x Bb, masih ingatkan persilangan monohibrid seperti apa? nah setelah selesai di silangkan, maka akan di dapatkan 1MM 2Mm 1mm dan 1BB 2Bb 1bb , selanjutnya dari hasil tersebut kemudian di gabungkan satu demi satu. 1MM kali 1BB-->1MMBB , 1MM kali 2Bb -->2MMBb, 1MM kali 1bb --> 1MMbb , dilanjutkan berikitnya sehingga hasilnya 9:3:3:1 , sama bukan...

      lebih jelasnya lihat gambar persilangan di materi tersebut" gambar persilangan dihibrid cara cepat"

      semoga bermanfaat mas assegaf, sukses untuk ujian nasionalnya besok ya... :)

      Hapus
  4. kakak mau nanya dong kalo BbKk x bbkk fenotipnya apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menggunakan cara penyilangan dengan trik mengerjakan persilangan dengan cara cepa. maka yang disilangkan adalah: BbKk x bbkk
      1. Bb x bb
      2. Kk x kk
      ----------------------------
      2Bb 2Kk
      2bb 2kk
      --------------------------
      Hasilnya:
      4BbKk, 4Bbkk, 4bbKk, dan 4bbkk , silahkan dari situ bisa di cari fenotipnya sendiri... :)

      Hapus
    2. Chossy Anggarahman16 Januari 2016 pukul 21.12

      klo misal B: besar b: kecil; K: kuning k : merah berarti:
      4 besar kuning, 4 besar merah, 4 kecil kuning, 4 kecil merah,
      bener kan?

      Hapus
    3. yang dimaksud mas Angga yang seperti apa ya? mungkin biar lebih jelasnya bisa di berikan contoh soal untuk persilangannya?

      Hapus
  5. Terimakasih atas penjelasannya.... |o| ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas gerald willeams, semoga membantu mempercepat pengerjaan soal genetika nya. :) jangan lupa ajak teman-temannya untuk mengunjungi blog ini, semoga lancar ya ujiaannyya nanti... :)

      Hapus

Mohon untuk tidak meninggalkan live link