Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keanekaragaman Genetik Pada Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup tersusun atas sel, dan di dalam sel tersebut terdapat gen. Gen merupakan substansi yang berfungsi membawa sifat. Sifat yang dimiliki oleh induk jantan dan betina dibawa oleh gen untuk diwariskan kepada keturunannya. Gen terdapat dalam kromosom yang berada dalam inti sel.

Wujud gen berupa potongan atau segmen dari rantai terpilin DNA (deoxyribonucleic acid). Setiap individu memiliki susunan gen yang khas, meskipun jumlah gennya sama. Keanekaragaman gen menunjukkan adanya variasi susunan gen pada individu-individu sejenis.

Gen-gen tersebut mengekspresikan berbagai variasi dari satu jenis makhluk hidup, seperti tampilan pada warna mahkota bunga, ukuran daun, tinggi pohon, dan sebagainya. Contohnya kita amati pada tanaman padi dan rambutan.

Tanaman rambutan memiliki empat varietas yang berbeda, yaitu varietas aceh, varietas rafi a, varietas jakarta, dan varietas lampung. Tanaman padi (Oryza sativa L.)yang terdiri dari varietas IR, PB, rojolele, sedani, delanggu, dan bumiayu. Munculnya variasi dari tanaman padi merupakan variaetas yang dikendalikan oleh gen




Referensi

Widayati S., Rochmah S.N, Zubedi. 2009. BIOLOGI SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Posting Komentar untuk "Keanekaragaman Genetik Pada Makhluk Hidup"