Home Top Ad

Struktur Akar Primer pada Tumbuhan

Share:
Akar merupakan organ pada tumbuhan yang berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang dilindungi kaliptra (tudung akar). Tudung akar berasal dari meristem apikal dan terdiri dari sel-sel parenkim. Tudung akar berfungsi sebagai pelindung.

Akar merupakan organ pada tumbuhan yang memiliki struktur luar yang meliputi : tudung akar, batang akar, cabang akar (pada dikotil), dan bulu akar. Secara anatomi akar terdiri dari empat bagian, epidermis, korteks, endodermis, dan stele.

Di luar itu ada lapisan piliferous yaitu epidermis yang berada pada daerah bulu akar. Meristem apikal selalu membelah diri menghasilkan sel-sel baru. sel-sel baru terbentuk pada bagian tudung akar atau bagian dalam meristem apikal.
Struktur Akar Primer pada Tumbuhan
Struktur Akar Primer pada Tumbuhan
Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan atau Zona perpanjangan sel. Di belakangnya terdapat Zona differensiasi sel dan zona pendewasaan sel. Pada zona differensiasi sel, sel-sel akar berkembangmenjaadi beberapa sel permanen, misalnya beberapa sel terdifferensiasi menjadi xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim.

1. Tudung Akar

TUDUNG AKAR merupakan organ pada tumbuhan yang terletak di ujung akar, berfungsi melindungi meristem akar dan alat pemntakan akar yang tumbuh ke dalam tanah. Tudung akar terdiri atas sel parenkim hidup. Sel tudung akar menyekresikan lender yang mengandung polisakarida. Sel tudung akar ada yang berisi butir tepung yang disebut statolit. Sel yang berisi statolit disebut statosis.

2. Epidermis

EPIDERMIS biasanya terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat, dindng sel tipis sehingga mudah ditembus air. Membentuk tonjolan menjadi rambut akar yang berfungsi memperluas bidang penyerapan.

3. Korteks

KORTEKS terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. jaringan-jaringan yang terdapat pada korteks antara lain : parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Biasanya brfungsi sebagai penyimpan.

4. Endodermis

ENDODERMIS terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa 1 lapis sel yang tersususn rapat tanpa ruang antar sel. dinding selnya mengalami penebalan gabus. deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. penebalan gabus ini tidak dapat ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder pusat melalui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, disebut sel penerus air atau sel pelalu. Endodermis merupakan pemisah yang jelas antara korteks dan stele.
Struktur Akar Primer pada Tumbuhan
Struktur Akar Primer pada Tumbuhan

5. Stele / Silinder Pusat

* STELE (SILINDER PUSAT) terletak di sebelah dalam endodermis, di tengah akar. Di sebelah dalam endodermis terdapat satu atau beberapa lapisan sel parenkim berdinding tipis yang disebut perisiklus, yang bersifat meristematis. Di antara stele terdapat berkas pengangkutan (floem dan xilem). Pada monokotil di bagian pusat stele ada empulur.


Tidak ada komentar

Mohon untuk tidak meninggalkan live link