Organ-Organ Pernapasan Pada Manusia Termasuk Mamalia

Pernapasan atau respirasi adalah pertukaran gas antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya. Secara umum pernapasan dapat diartikan sebagai proses menghirup oksigen bebas dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Di udara banyak terkandung berbagai gas seperti N2, O2, CO2, dan H2O. Oksigen diperlukan untuk pembakaran sari-sari makanan guna memperoleh energi melalui reaksi Oksidasi Biologi. Jadi, pernapasan yang dilakukan oleh organisme bertujuan untuk mengambil energi yang terkandung didalam makanan. Selain energi, oksidasi biologi juga melepaskan karbon dioksida dan uap air sebagai produk akhirnya.

Sesuai dengan reaksi berikut :
C6H12O6 + 6O2 --> 6CO2 + 6H2O + Energi

Alat-alat pernapasan pada manusia

Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari : hidung, faring, laring, trakea, bronkus dan paru-paru.

1. Hidung (rongga hidung)

organ hidung pada manusia
Rongga hidung merupakan dua saluran sempit yang disangga oleh beberapa tulang yang didalamnya terdapat selaput lendir dan rambut hidung yang memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Menyaring debu dan kuman-kuman yang masuk bersama udara.
  • Menyesuaikan suhu udara dengan suhu badan.
  • Mengatur kelembaban udara yang masuk.

2. Faring

Faring terletak dibelakang rongga hidung dan mulut yang merupakan persimpangan antara jalan makanan dan udara. Di persimpangan ini terdapat dua katup yaitu katup penutup rongga hidung (anak tekak) dan katup pangkal tenggorok (epiglotis).

3. Laring (pangkal tenggorok)

Laring terletak diantara faring dan trakea. Laring tersusun atas katup pangkal tenggorok (epiglotis), perisai tulang rawan dan gelang-gelang tulang rawan yang membentuk jakun. Di dalam laring terdapat pita suara yang dapat bergetar menghasilkan suara.

4. Trakea (batang tenggorok)

Trakea berbentuk seperti pipa yang terletak memanjang dibagian leher dan rongga dada. Trekea berfungsi sebagai tempat lewatnya udara. Epiglotis akan turun menutupi saluran pernapasan saat berbicara, dan akan terangkat sehingga saluran makanan akan terbuka saat menelan makanan.

Kotoran, debu atau partikel-partikel asing lainnya yang ikut terhirup dalam udara dapat ditahan dan dikeluarkan oleh rambut-rambut halus berlendir (silia) pada dinding trakea.

5. Bronkus

Bronkus merupakan cabang dari trakea. Cabang kiri menuju paru-paru kiri dan cabang kanan menuju paru-paru kanan. Bronkus juga memiliki selaput yang berlendir dan rambut-rambut getar. Bronkus bercabang tiga menuju paru-paru kanan dan bercabang dua menuju paru-paru kiri.

Setiap cabang akan bercabang lagi membentuk saluran yang lebih kecil yang disebut bronkiolus. Bagian ujung dari bronkiolus berakhir pada gelembung paru-paru yang dinamakan alveolus.

6. Paru-paru (Pulmo)

Paru-paru merupakan tempat terjadinya penyerapan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida yang terletak dirongga dada di atas diafragma. Paru-paru terdiri dari dari dua bagian, bagian kanan yang terdiridari 3 lobus dan bagian kiri 2 lobus.

Paru – paru kanan 3 lobus / belahan :
  • Atas (lobus superior)
  • Tengah (lobus medius)
  • Bawah (lobus inferior)

Paru – paru kiri 2 lobus / belahan :
  • Atas (lobus superior)
  • Bawah (lobus inferior)

Paru-paru dibungkus oleh salaput tipis yang disebut pleura. Di dalam paru-paru tepatnya di ujung bronkiolus terdapat alveoli yang merupakan tempat pengisapan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida.


Baca juga


Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2016/10/organ-organ-pernapasan-pada-manusia.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2016/10/organ-organ-pernapasan-pada-manusia.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon