Penuaan Pada Kulit, Ini Dia Penyebabnya

Proses penuaan adalah proses fisiologis yang akan terjadi pada semua makhluk hidup. Proses ini meliputi seluruh organ tubuh termasuk kulit yang merupakan salah satu jaringan tubuh yang secara langsung memperlihatkan terjadinya proses penuaan.
Tanda-tanda penuaan pada kulit dapat dilihat dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Bertambahnya kerutan
  2. Kulit Kendur
  3. Berkurangnya kehalusan, kilauan, dan kelembutan
  4. Berkurangnya elastisitas
  5. Kulit kasar dan bergalur
  6. Noda pigmentasi (lentigo senilis) dan noda depigmentasi (leucoderma senile) di beberapa bagian tubh pada sebagian orang
  7. Kulit kekuningan
  8. Pengurangan kulit kelapa rambut dan rambut tubuh
  9. Bertambahnya rambut putih/uban
  10. Kuku menjadi kasar, keruh/tidak mengkilap, dan berkerut
Proses penuaan disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Proses penuaan intrinsik merupakan proses penuaan yang berlangsung secara alamiah yang disebabkan berbagai faktor dari dalam tubuh sendiri, seperti genetik, hormonal, dan ras. Fenomena ini tidak dapat dicegah. Proses penuaan ekstrinsik terjadi akibat berbagai faktor dari luar tubuh seperti sinar matahari/ultraviolet, kelembaban udara, suhu, asap rokok, polusi, dan berbagai faktor eksternal lainnya yang dapat mempercepat proses penuaan kulit sehingga terjadi penuaan dini. Proses ini dapat dicegah dengan menghindari faktor-faktor yang mempercepat proses tersebut.
 
Proses penuaan

Faktor intrinsik yang mempengaruhi proses penuaan dini antara lain sebagai berikut :
1. Genetik
Pada orang tertentu yang cendrung berkulit kering akan mengalami proses penuaan kulit secara lebih cepat daripada mereka yag mempunyai kulit normal dan berminyak.

2. Ras
Ada tiga ras manusia, yaitu kaukasoid, mongoloid, dan negroid. Masing-masing mempunyai strktur kulit yang berbeda-beda, terutama struktur kulit yang berperan di dalam sistem pertahanan tubuh terhadap lingkungan, misalnya pigmen melanin melakukan proteksi terhadap sinar ultraviolet. Ras kaukasoid mempunyai kulit yang lebih tips dan cepat menua dibandingkan kedua ras yang lain.

3. Hormonal
Pengaruh hormone lebih jelas terlihat pada wanita yang mendekati menopause, terjadi penurunan produksi hormone terutama estrogen yang mempengaruhi kekenyalan kulit atau memelihara pertumbuhan kulit. Akibatnya terjadi kekeringan dan penurunan elastisitas kulit.

Faktor eksternal yang mempengaruhi penuaan dini antara lain sebagai berikut :
1. Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
Pengaruh sinar matahari yang menahun/kronik menyebabkan kerusakan kulit akibat efek fotobiologik sinar UV yang menghasilkan radikal bebas akan menimbulkan kerusakan protein dan asam amino yang merupakan struktur utama kolagen dan elastin pada kulit, kerusakan pembuluh darah kulit dan menimbulkan pigmentasi kulit.

2. Radikal Bebas
Radikal bebas adalah suatu molekul atau atom yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Elektron tersebut sangat reaktif dan cepat bereaksi dengan molekul lain sehingga terbentuk radikal bebas baru dalam jumlah besar secara terus menerus. Radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan di berbagai bagian sel dan menyebabkan berbagai penyakit seperti tumor, kanker, arterosklerosis, katarak, keriput, penuaan, dan lainnya.

Antioksidan bekerja menangkap radikal bebas yang ada di dalam kulit. Molekul antioksidan berfungsi sebagai hidrogen labil yang akan berikatan dengan radikal bebas. Dalam proses tersebut, antioksidan mengikat energi yang akan digunakan untuk pembentukan radikal bebas baru sehingga reaksi oksidasi berhenti. Antioksidan “mengorbankan dirinya” untuk teroksidasi oleh redikal bebas sehinga melindungi protein atau asam amino penyusun kolagen dan elastin.

3. Makanan
Makanan yang terlalu banyak lemak hewani akan lebih mudah terjadi proses penuaan dini dibandingkan dengan yang lebih banyak mengkonsumsi lemak nabati. Hal ini karena menghasilkan radikal bebas lebih banyak, sedangkan makanan nabati mengandung banyak sekali antioksidan yan dapat meneralkan radikal bebas.

4. Stres Psikologis
Kehidupan moder, kesibukan, dan sebagainya akan memudahkan seseorang mengalami stres psikologis, padahal ini akan menyebabkan proses penuaan dini.

5. Gaya Hidup
Gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, dan kurang olahraga akan memudahkan mempengaruhi struktur dan fisiologi kulit.

itu dia beberapa penyebab dari penuaan pada manusia, yuk jaga kesehatan dan pola makan

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2015/03/penuaan-pada-kulit-ini-dia-penyebabnya.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2015/03/penuaan-pada-kulit-ini-dia-penyebabnya.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon