20 Kejaiban Khasiat Madu Bagi Manusia

Madu dan khasiatnya
Siapa yang tidak kenal dengan madu? Hampir semua orang tahu bahwa madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah madu yang memiliki rasa manis dan sedikit panas di tenggorokan dan lambung apabila mengkonsumsinya. Sudah tidak diragukan lagi bahwa madu memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh baik untuk menjaga daya tahan tubuh maupun untuk mengobati berbagai penyakit. Di dalam Islam sendiri madu juga tercantum di dalam ALQURAN yang pada ininya dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit

Dalam Al-Qur’an diisyaratkan bahwa madu bisa dijadikan minuman sekaligus juga dapat dijadikan obat untuk manusia, sebagaimana tersurat dalam Q.S. An-Nahl ayat 69

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُون

“…Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.”

sarang lebah madu berbentuk heksagonal yang memiliki presisi tinggi
Dalam Ayat tersebut ternyata Allah SWT telah mengisyaratkan kepada kita semua sebagai khalifah di muka bumi untuk benar-benar memikirkan apa yang telah diciptkan oleh Allah SWT kepada kita dengan tujuan agar kita semakin bisa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Berikut beberapa khasiat madu bagi manusia
  1. Madu kaya senyawa humektan. Hal ini membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
  2. Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
  3. Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
  4. Madu membantu membersihkan luka,mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan cepat.
  5. Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
  6. Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki
  7. Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
  8. Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  9. Madu bisa menembus lapisan atas kulit, jadi dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
  10. Madu adalah pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit.
  11. Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat mereka sangat halus dan lembut.
  12. Madu terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi, dan fosfat.
  13. Madu mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng.
  14. Madu dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan otot.
  15. Madu membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  16. Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
  17. Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  18. Madu membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
  19. Madu membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  20. Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.
    sarang lebah madu
Semoga menambah wawasan bagi kita semua
Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/10/20-kejaiban-khasiat-madu-bagi-manusia.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/10/20-kejaiban-khasiat-madu-bagi-manusia.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon