ALQuran, Penentu Jenis Kelamin manusia adalah dari sel Sperma

Janin di dalam Kandungan
Pasti semua manusia di bumi ini di lahirkan dari seorang ibu yang mengandung selama 9 bulan. Tentunya kita harus menghormati ibu kita yang sudah melahirkan kita dan merawat kita selama di dalam kandngan yang memberikan semua kebutuhan nutrisi dari makanan sang ibu serta yang telah merawat dan membesarkan kita dari bayi sampai kita bisa mandiri.

Tapi tahukan anda bagaimana proses penentuan jenis kelamin entah itu laki laki maupun perempuan. Pada saat seorang suami istri berhubungan badan maka akan terjadi pembuahan sel telur(ovum) dengan sel sperma. Dari sinilah apabila terjadi pembuahan akan mulai terbetuk zigot sampai terbentuk bayi yang sudah sempurna di dalam kandungan

Namun proses penentuan jenis kelamin sejatinya sudah di tentukan saat sel sperma membuahi sel ovum. Lalu apakah sel seprma ataukan sel ovum yang sangat menentukan jenis kelamin bayi? Baru memasuki abad ke 20 setelah ditemukan kromosom penentuan jenis kelamin bayi dapat di teliti yaitu yang menetukan jenis kelamin bayi adalah sel sperma dari sang ayah bukan dari sel ovum sang ibu.

Hal ini dikarenakan di dalam sel ovum sang ibu hanya terkadung kromosom X saja sehingga tidak bisa menentukan jenis kelamin bayi. Sedangkan pada sel sperma ayah memiliki jenis kromosom X/Y tergantung proses pembelahan sel pada saat terjadi pembelahan sel di testis

Apabila pada saat terjadi pembuahan sel ovum(kromosom x) dibuahi oleh sel sperma(kromosom x) maka bayi akan memiliki jenis kelamin perempuan. Jika sel ovum(kromosom x) dibuahi oleh sel sperma(kromosom y) maka bayia akan memiliki jenis kelamin laki-laki(kromosom xy).(baca: substansi hereditas kromosom manusia)

Namun apa jadinya jika ternyata ilmu pengetahuan yang baru di temukan di abad 20 ternyata sudah ada di dalam AlQuran, ini tentunya suatu hal yang sangat luar biasa karena di abad itu belum ditemukan berbagai perlatan yang secangggih sekarang ini

"Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan." (Al Qur'an, 53:45-46)

Disini jelas sekali bahwa yang menciptakan berpasangan-pasangan pria dan wanita itu adalah dari air mani(sel sperma) dari seoarang laki-lai

Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin. Dua kromosom ini disebut "XY" pada pria, dan "XX" pada wanita. Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.
kromosom x dan y dilihat dari mikroskop elektron

Pembentukan seorang manusia baru berawal dari penggabungan silang salah satu dari kromosom ini, yang pada pria dan wanita ada dalam keadaan berpasangan. Pada wanita, kedua bagian sel kelamin, yang membelah menjadi dua selama peristiwa ovulasi, membawa kromosom X. Sebaliknya, sel kelamin seorang pria menghasilkan dua sel sperma yang berbeda, satu berisi kromosom X, dan yang lainnya berisi kromosom Y. Jika satu sel telur berkromosom X dari wanita ini bergabung dengan sperma yang membawa kromosom Y, maka bayi yang akan lahir berjenis kelamin pria.

Dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan oleh jenis kromosom mana dari pria yang bergabung dengan sel telur wanita.

Tak satu pun informasi ini dapat diketahui hingga ditemukannya ilmu genetika pada abad ke-20. Bahkan di banyak masyarakat, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita.

Inilah mengapa kaum wanita dipersalahkan ketika mereka melahirkan bayi perempuan.
Namun, tiga belas abad sebelum penemuan gen manusia, Al Qur'an telah mengungkapkan informasi yang menghapuskan keyakinan takhayul ini, dan menyatakan bahwa wanita bukanlah penentu jenis kelamin bayi, akan tetapi air mani dari pria.

Mohon sertakan link ini http://www.biologiedukasi.com/2014/08/alquran-penentu-jenis-kelamin-manusia.html
Sekali lagi mohon jika ingin meng-copy paste artikel ini sertakan link artikel ini http://www.biologiedukasi.com/2014/08/alquran-penentu-jenis-kelamin-manusia.html
Previous
Next Post »

mohon untuk tidak meninggalkan live link ConversionConversion EmoticonEmoticon